PENERAPAN MODEL PRAKTIKUM BERBASIS PROYEK DAN INQUIRI PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS XI SMA

Eva Pratiwi Pane, Fine Eirene Siahaan

Abstract


Penelitian ini tentang penerapan model praktikum berbasis proyek dan inquiry pada materi hidrokarbon di kelas XI SMA. Tujuan dilakukannya penelitian untuk mengetahui hasil ketuntasan belajar, aktivitas siswa, dan tanggapan siswa selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sampel pada penelitian ini, siswa kelas XI MIPA 2 berjumlah 30 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis, observasi aktivitas siswa, dan angket tanggapan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar soal pilihan ganda (multiple chooise), lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar angket tanggapan siswa. Hasil ketuntasan belajar sebesar 93,3% (kategori baik sekali) dan siswa yang tidak tuntas sebesar 6,7% terdapat 28 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas. Hasil persentase observasi aktivitas siswa pertemuan kedua dan ketiga menunjukkan siswa belajar secara aktif selama pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing sebesar 89,2% dan 80,75% (kategori baik sekali). Persentase tanggapan positif siswa melalui penerapan model inkuiri terbimbing selama pembelajaran pada materi asam basa sebesar 92,3% (kategori sangat baik). Berdasarkan hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran melalui model praktikum berbasis proyek dan inquiry pada materi hidrokarbon di SMA Negeri 2 Pematangsiantar mencapai ketuntasan belajar secara klasikal meningkatkan aktivitas siswa, dan adanya tanggapan positif siswa terhadap penerapan model praktikum berbasis proyek dan inquiry.


Keywords


Proyek; Inquiry; Hidrokarbon.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Hake, R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six- ThousandStudent Survey Of Mechanics Test Data For Introduvtory Physics Course. American Asosiation Of Physics Teachers. 66(1): 65-74.

Hendriyanto, J., dan Amaria. (2013). “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Pokok Laju Reaksi”. Unesa Journal of Chemical Education. Hal 151-158.

I Wayan, J., Fesy, M., dan Muhammad, S. (2013). “Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Mengingkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 5 Malang pada Materi Koloid”. Jurnal Kimia FMIPA. Hal 3-4.

Masruroh, S. (2014). Implementasi Pendekatan Scientific pada Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan MotivasiBelajar Siswa pada Bidang Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi.Prosiding Konvensi APTEKINDO ke 7 FPTK UPI Bandung.

Pane, Eva Pratiwi. (2016) Pengembangan Bahan Ajar Kimia Inovatif Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pengajaran Laju Reaksi. Masters thesis, UNIMED.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiowati, H., Nugroho, A., dan Agustina, W. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Hal 54-60.

Situmorang, H. (2013). Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah kejuruan Pada pengajaran Sistem Koloid. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan Volume 19(1): 28-36.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D). Bandung: Alfabeta.

Suhendi, R. (2011). “Penerapan Model Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Konsep Mol Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Banda Aceh”. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v5i2.4802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eva Pratiwi Pane, Fine Eirene Siahaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License