OPTIMASI TEMPERATUR DAN KONSENTRASI NaOH PADA PEMBUATAN KARBOL DARI MINYAK JELANTAH

Sukmawati Sukmawati, Pratiwi Putri Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pemanfaatan minyak jelantah dengan cara membuatnya menjadi pembersih lantai, agar mengetahui titik optimum dalam pembuatan karbol dari minyak jelantah. Pada proses pembuatan karbol dari minyak jelantah, digunakan metode pemanasan untuk pembuatannya. Adapun tahapan penenlitian ini dimulai dari preparasi bahan pembuatan, penjernihan awal bahan pembuatan, analisa warna, analisa koefisien fenol, analisa pH, dan analisa stabilitas pada air sadah. Berdasarkan hasil analisa yang paling optimum didapat pada karbol minyak jelantah dengan pemasakan di temperatur 90 °C. Pada konsentrasi NaOH 10 % nilai yang didapat pH = 7, koefisien fenol = 2,22, warna = coklat, stabilitas emulsi pada air sadah = stabil. Pada konsentrasi NaOH 20 % nilai yang didapat pH = 9, koefisien fenol = 2,22, warna = coklat, stabilitas emulsi pada air sadah = stabil. Pada konsentrasi NaOH 30 % nilai yang didapat pH = 10, koefisien fenol = 2,77, warna = coklat, stabilitas emulsi pada air sadah = stabil. Pada konsentrasi NaOH 40 % nilai yang didapat pH = 11, koefisien fenol = 2,77, warna = coklat, stabilitas emulsi pada air sadah = stabil. Hasil yang diperoleh sesuai dengan BSN (SNI-06-1842-1995).


Keywords


Desinfektan; Karbol; Minyak Jelantah

Full Text:

PDF

References


Depkes RI, 1996 “Pedoman Teknis Pengolahan Limbah Klinis Dan Desinfeksi & Sterilisasi Di Rumah Sakit”, Ditjen PPM dan PPL, Jakarta.

Fandi Akhmad, 2017 “ Formulasi Cairan Pembersih Lantai dari Najis Mughalladzah dengan Variasi Konsentrasi Kaolin-Bentonit dan Variasi Konsentrasi Natrium Metasilikat”, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Ketaren S, 2005 “ Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan”, Universitas Indonesia, Jakarta.

Latiful Qolby, Achmad, Meliana Ningrum, Mirna Tiarani Putri, Muhammad Didik Setyawan, Nusaibah Askariyah, 2017 “ Pemanfaatan Minyak Jelantah Untuk Pembuatan Karbol”, Jurnal Program Studi Kimia Fakultas Sains dan teknologi Universitas Hidayatullah, Jakarta.

Mahreni, 2010” Peluang dan Tantangan Komersialisasi Biodisel Review” Jurnal Jurusan Teknik Kimia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Sumarlin La Ode, Lela Mukmillah, Ratna Istianah, 2008 “ Analisis Mutu Minyak Jelantah Hasil Peremajaan Menggunakan Tanah Diatomit Alami dan Terkalsinasi” Program Studi Kimia FTS UIN syarif Hidayatullah, Jakarta.

Tamrin, 2013 “ Gasifikasi Minyak Jelantah Pada Kompor Bertekanan” Jurnal Teknik Pertanian Lampung, Universitas Lampung.

Geminastiti, 2012. “Sifat Fisik dan Kimia Minyak Jelantah”. http://nunukgeminastiti.blogspot.co.id/2012/03/biodiesel.html.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v5i2.4805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sukmawati Sukmawati, Pratiwi Putri Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License