TINGKAT KREATIVITAS MAHASISWA MENGIDENTIFIKASI MERKURI (HG) PADA KRIM PEMUTIH WAJAH TIDAK TERDAFTAR BERBASIS PjBL (PROJECT BASED LEARNING)

Heni Mulyani Pohan, Elisa Elisa, M. Rajab

Abstract


Kreativitas dalam proses pembelajaran merupakan salah satu soft skill yang perlu dikembangkan dalam memecahkan masalah pembelajaran maupun menghadapi dunia kerja di masa depan. Pembelajaran dengan pendekatan Project  Based Learning  menjadi salah satu pendekatan pembelajaran yang membangun kreativitas mahasiswa. Tujuan penelitian adalah adalah untuk mengetahui tingkat kreativitas mahasiswa dalam mengidentifikasi merkuri pada krim pemutih wajah tidak terdaftar berbasis Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan menggunakan kelas kontrol dan eksperimen. Hasil analisis data diperoleh tingkat kreativitas mahasiswa berdasarkan indikator (fluency of thinking, flexibility, elaboration dan originality) pada kelas kontrol dengan rata-rata 58% dengan kategori cukup kreatif dan pada kelas eksperimen dengan rata-rata 78,75% dengan kategori kreatif . Persentase kreativitas pada kelas kontrol sebesar 52% dengan kategori kurang kreatif dan pada kelas eksperimen dengan persentase 73% dengan kategori kreatif. Hasil simpulan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan Project  Based Learning dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa.


Keywords


Kreativitas; Project Based learning; Eksperimen.

Full Text:

PDF

References


Boty, Middya. 2018. “Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Ma’had Islamy Palembang”. JIP:Jurnal Ilmiah PGMI. Volume 4, Nomor 1, Juni 2018.

Febrianti, Yeyen., Djahir Yulia., Fatimah, Siti. Analisis Kemapuan Berpikir Kritis Peseta Didik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Profit. Volume 3 Nomor 1, Mei 2016.

Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu”. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 35 Nomor 1 Tahun 2018.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono, Puji, Deni dan Asiyah , Siti. 2018. “PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif tentang Peran Model Pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa.” Makalah pada Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Geografi Perguruan Tinggi PGRI Palembang.

Jatmiko, B., rahani, B. K., Munasir, S., Wicaksono, I., Erlina, N., & Pandiangan, P. (2018). The Comparisonof OR-IPA Teaching Model And Problem Based Learning Model effectiveness to Improve Critical Thinking Skills Of Pre-Service Physics Teachers. Journal Of Baltic Science Education, 17(2), 300.

Kristanti, Dyah, Yulita, dkk. 2016. “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Pembelajaran Fisika.” Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 5 No. 2, September 2016, hal 122 – 128.

Magdalena, Ina, dkk. 2021. Analisis Validitas, Realibilitas, Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. Bintang Jurnal Pendidikan dan Sains. Vol 3 Nomor 2. 198-214.

Parekuan, dkk. 2013. Analisis Kandungan Merkuri Pada Krim Pemutih Yang Beredar di Kota Manado. PHARMACON Jurnal Ilmiah Farmasi. UNSRAT. Vol 2. No 01.

Sari, Taula, Rona dan Angreni, Siska. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa”. Varia Pendidikan, Vol. 30, No. 1, Juli 2018: 79-83.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Titu, Anita, Maria. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Materi Konsep Masalah Ekonomi.” Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015. Universitas Negeri Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v5i2.4809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Heni Mulyani Pohan, Elisa Elisa, M. Rajab

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License