PENGARUH PENGGUNAAN ENGLISH TEKS BOOK (GENERAL, ORGANIC, AND BIOLOGICAL CHEMISTRY, SIXTH EDITION) TERHADAP PENYELESAIAN TUGAS PROYEK

Asnarni Lubis, Nazriani Lubis

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh signifikan dan seberapa besar penggunaan English teks book (General, Organic, And Biological Chemistry, Sixth Edition) terhadap penyelesaian tugas proyek. Metode penelitian ini adalah metode kuantitaif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa angket, dimana variable independent (X) nya adalah penggunaan english teks book dan variable dependen (Y) adalah penyelesaian tugas proyek, dengan mengunakan dua variable tersebut, maka Teknik Analisa data yang digunakan adalah Regresi Linier sederhana, sampel diambil secara purposive sampling yaitu mahasiswa yang mengikuti mata kuliah kimia umum dan kimia dasar di FKIP Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah TA. 2022/2023. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah (a) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan English teks book (General, Organic, And Biological Chemistry, Sixth Edition) terhadap penyelesaian tugas proyek dengan nilai sig 0,007 (0,007 < 0,05); (b) besarnya pengaruh variabel independent (penggunaan English teks book (General, Organic, And Biological Chemistry, Sixth Edition)) terhadap varibel dependen (penyelesaian tugas proyek) sebesar 22,60%. Penelitian ini juga menegaskan bahwa dalam menggunakan English teks book mahasiwa memiliki kemampuan mengintegrasikan produk dengan konsep kimia (94,35%) dan mahaiswa mampu menyelesaikan tugas proyek mahasiswa sudah mampu menentukan tugas proyek dengan mengkaitkan dengan kimia dan mampu menjelaskana prosedur kerja dengan standar laboratorium manual sebesar 80,65%

Keywords


Englis Teks Book, Tugas Proyek, Kimia Kehidupan Sehari-Hari

Full Text:

PDF

References


Afonso, A. S., & Gilbert, J. K. (2013). The role of ‘popular’books in informal chemical education. International Journal of Science Education, Part B, 3(1), 77-99.

Hussain, G., Zahra, T., & Abbas, A. (2021). Discourse Functions of Lexical Bundles in Pakistani Chemistry and Physics Textbooks. GEMA Online Journal of Language Studies, 21(1).

Lubis, N., Lubis, A., & Purba, N. B. (2020). Project-Based Learning Collaborated With Digital Media For Indonesian Efl Learners’self-Confidence And Communication Skill. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 2(1), 10-17.

Lubis, N., Saragih, A., & Lubis, A. (2020). What teachers need; carrying out islamic based digital literacy assessment through the project. Amaliah: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 4(2), 115-126.

Lubis, A., & Lubis, N. (2020). Pembelajaran dan penilaian: lengkap dengan sintaks pembelajaran, indikator dan aplikasi kisi-kisi soal. Jakad Media Publishing.

Lubis, A., Al Fitriana Purba, R. F. P., & Hum, M. (2017). Play Therapy Program Implementation In Pupils’general And Science Vocabulary Enrichment In Elementary Schools Of Simalungun Regency Of North Sumatera Indonesia. Asian journal of management sciences & education, 6(3), 9-19.

Mardhiya, J., Setiowati, H., & Harahap, L. K. (2020). Proyek Video sebagai Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Daring Mata Kuliah Kimia Dasar. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress), 12(2), 46-54. Oktapianti, S. (2022). English For Chemistry Book As A Learning Resource In University. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 8-17.

Pun, J. K. (2019). Salient Language Features In Explanation Texts That Students Encounter In Secondary School Chemistry Textbooks. Journal of English for Academic Purposes, 42, 100781.

Rahma, F. N., & Setyaningsih, L. W. N. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Integrasi Metode Daring Sinkron dan Asinkron pada Mata Kuliah Teknik Reaksi Kimia 2. Refleksi Pembelajaran Inovatif.

Robinson, T. J., Fischer, L., Wiley, D., & Hilton III, J. (2014). The impact of open textbooks on secondary science learning outcomes. Educational Researcher, 43(7), 341-351.

Sastrika, I. A. K., Sadia, W., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman konsep kimia dan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(2).

Safitri, E. H., Siahaan, J., & Al Idrus, S. W. (2015). Studi Komparasi Hasil Belajar Kimia pada Materi Koloid Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas XI IPA MAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pijar Mipa, 10(1).

Shehab, S. S., & BouJaoude, S. (2017). Analysis Of The Chemical Representations In Secondary Lebanese Chemistry Textbooks. International journal of science and mathematics education, 15(5), 797-816.

Situmorang, M., Sitorus, M., Hutabarat, W., & Situmorang, Z. (2015). The Development of Innovative Chemistry Learning Material for Bilingual Senior High School Students in Indonesia. International Education Studies, 8(10), 72-85.

Vahdatnia, S., & Salehi, H. (2020). Evaluation of specialized English textbook for the Iranian students of chemical engineering. Iranian Journal of English for Academic Purposes, 9(1), 27-40.

Yunus, M. M., & Sukri, S. I. A. (2017). The Use of English in Teaching Mathematics and Science: The PPSMI Policy vis-à-vis the DLP. Advances in Language and Literary Studies, 8(1), 133-142.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v6i2.6373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Asnarni - Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License