PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN HANDOUT DAN MODUL PADA MATERI STOIKIOMETRI LARUTAN DI SMA NURUL AMALIYAH DELI SERDANG

Eka Dharma Syah Putra Hia, Julia Maulina, Lisa Ariyanti Pohan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi stoikiometri larutan menggunakan media handout dan modul. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 (media handout)  dan siswa kelas XI IPA 3 (media modul) di SMA Nurul Amaliyah Deli Serdang. Telah dilakukan uji normalitas data pada kelas eksperimen I menggunakan handout dan pada kelas eksperimen II menggunakan modul dan diperoleh data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas kedua kelas sampel homogen. Berdasarkan hasil perhitungan statistik yang menggunakan uji t (hipotesis) satu pihak pada taraf kepercayaan  α = 0,05 diperoleh  harga thitung = 5,8 dan dk = 58 dengan harga ttabel = 1,99 dan diperoleh thitung> ttabel. Hasil yang  disimpulkan Ha diterima  dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan menggunakan handout dan yang dibelajarkan menggunakan modul.

Kata kunci: Problem Based Learning, handout, modul, Stoikiometri, dan hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Chusna, D. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Media Macromedia Flash dengan Handout Inovatif. Ponorogo: Jurnal Pendidikan Kimia.

Kartomo, Andhika. I. (2012). Upaya Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan LKS Siswa kelas V Semester II di SD Negeri Condiroto Tahun 2011/ 2012, http://repository.library.uksw.edu/bitstream (Diakses tanggal 17 November 2015).

Rijani, Endang Wahju. (2010). Implementasi Metode Latihan Berjenjang untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal-Soal Hitungan pada Materi Stoikiometri di SMA. Surabaya: E-Jurnal Dinas Pendidikan.

Silitonga, P.M. (2011). Statistik Teori dan Aplikasi dalam Penelitian. FMIPA UNIMED.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suharta, dan Luthan, P. L, A. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran dan Penyusunan Bahan Ajar dengan Pendekatan PAKEM PLUS untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Menumbuhkembangkan Karakter Siswa dalam Pelajaran Kimia. Medan : Universitas Negeri Medan.

Suryanti, R. Dwi. (2006). Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tiastra, IM. (2010). Pembelajaran Kontekstual Melalui Pembuatan Tahu sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Kelas XII IPA SMAN 1 Kubu Tahun Pelajaran 2007/2008. Jurnal Pendidikan Sastracarya. Vol.1 No.2 September 2010.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v2i1.692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Eka Dharma Syah Putra Hia, Julia Maulina, Lisa Ariyanti Pohan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License