PENGARUH MOVIE MAKER PADA METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TEHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA ISTIQLAL PADA MATERI POKOK KOLOID

Ruri Ekasari Kandau, Adilah Wirdhani Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode STAD dengan Movie Maker serta tanpa Movie Maker terhadap hasil belajar sis­wa pada pokok bahasan sistem koloid. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 (eksperimen) dan kelas XI IPA2 (kontrol). Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pre-test nya 50 dengan standar deviasi 9,70 sedangkan post-test nya 76,21 dengan standar deviasi 8,57. Untuk nilai rata-rata kelas kontrol pre-test nya 49,39 dengan standar deviasi 8,02 sedangkan posttest nya 70,60 dengan standar deviasi 6,94. Uji normalitas kedua sampel berdistribusi normal, sedangkan untuk uji homogenitas kedua sampel homogen. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,95 dengan ttabel = 1,998, kemudian diperoleh thitung > ttabel, sehingga disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak yang menyatakan ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode STAD dengan Movie Maker dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode STAD tanpa Movie Maker pada materi sistem koloid.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Student Teams Achievement Division, Movie Maker, sistem koloid.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat, Imtihani Nur Arumi, Tri Redjeki dan Budi Hastuti. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia Pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Siswa Kelas XI MAN Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(2), 92-99.

Nasution, Indriyani, dkk. 2011. Penggunaan Media Microsof Office Power Point Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Struktur Atom dan Sistem Periodik di Kelas X SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci. Jurnal Pendidikan Kimia. 5 (2), 1-10.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Garfindo Persada.

Setyosari, Punaji. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Edisi Ketiga. Jakarta: Prenadamedia.

Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Yulis, Rama. (2002). Ilmu Pengetahuan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v2i1.712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ruri Ekasari Kandau, Adilah Wirdhani Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License