Pengembangan e-Modul Berbasis Project Based LearPENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI ASAM BASA UNTUK SMA KELAS XI ning Pada Materi Asam Basa untuk SMA kelas XI

Nurfajriani Nurfajriani, Muhammad Farhansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran proyek berbasis pada materi asam dan basa untuk kelas XI SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Yaitu validator ahli media dan validator ahli materi. Objek penelitian pengembangan ini adalah e-modul berbasis project based learning pada materi asam basa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket. Penelitian ini diuji oleh ahli materi dan media. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase rata-rata sebesar 89,18% dengan kategori layak digunakan, sedangkan hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 93,75% dengan kategori layak digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis Project-Based Learning pada materi Asam dan Basa untuk kelas XI SMA dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


Pendidikan Kimia; Asam Basa; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


A.W. Kadek. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X di SMKN 3 Singaraja,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 13(No 2).

Abdullah, A., & Anwar, M. (2021). Pengembangan E-Modul Asam Basa Berbasis Problem Based Learning melalui Google Classroom pada Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ). 5(1), 86–99.

Ajat Sudrajat. (2020). Model-Model Pembelajaran. Pusdiklat Kemenag RI.

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Prenadamedia Groups.

Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara.

Nurfajriani., Renartika, D. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Learning Cycle 5E pada Materi Zat Aditif dalam Makanan. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(3), 220-224

Nurfajriani & Sundari, I. (2021). Penerapan Media Kartu Soal Dan Lembar Kerja Siswa Yang Berbasis Model Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Nama Senyawa. Jurnal Prosiding Seminar Kimia. 132-136

Prastowo., A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Rahman, L., Ramlan & Nurfajriani. (2021). Development of E-Module Assisted Chemistry Flip Pdf Professional for Non-Metal Chemistry Learning on the Subject of Carbon and Silicon. Jurnal Education & Economic Science Meet. 1, 185-191.

Ramadhan, M. A., & Darmawan, O. D. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Bim Autodesk Infraworks Pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan Dan Jembatan Di SMKN 1 Cikarang Barat. 05(01), 8–23.

Rumahorbo, S & Nurfajriani. (2022). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Weblog dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(4), 615-624.

Sudjana. (2010). Metoda Statistik.Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Bandung : Alfabeta.

Zulhelmi, Z. (2021). Pemanfaatan Kvisoft Flipbook Maker dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2).




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v7i2.8078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Farhansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License