PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN DAN KIT PRAKTIKUM KIMIA INOVATIF KELAS XII SMA/MA SEMESTER GANJIL SESUAI KURIKULUM 2013 BERBASIS PROYEK

Zainal Arifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dan mengetahui kelayakan buku penuntun dan kit praktikum kimia inovatif Kelas XII SMA/MA semester ganjil sesuai kurikulum 2013 berbasis proyek, implementasi terhadap buku penuntun dan kit praktikum serta persepsi siswa terhadap buku penuntun dan kit praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian diperoleh bahwa validasi buku penuntun praktikum kimia diperoleh rata-rata sebesar 3,81 artinya valid dan tidak perlu revisi. Hasil validasi kit praktikum kimia diperoleh rata-rata sebesar 3,85 artinya valid dan tidak perlu revisi. Hasil uji keterlaksanaan praktikum sebesar 86,88 % yaitu dalam kategori sangat baik dan penerapan sikap pada praktikan sebesar 84,38 % yaitu dalam kategori sangat baik. Hasil persepsi praktikan terhadap buku penuntun praktikum kimia diperoleh persentase sebesar 88,63 % yaitu dalam kategori sangat baik dan terhadap kit praktikum kimia diperoleh persentase sebesar 90,25 % yaitu dalam kategori sangat baik.

Keywords


Buku panduan praktikum; Perlengkapan praktikum; Penelitian dan Pengembangan; Berbasis Proyek; ADDIE

Full Text:

PDF

References


Alkan, F and Kocak, K., (2015). Chemistry laboratory applications supported with simulation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176: 970 – 976.

Anza, M., Bibiso, M., Mohammad, A., and Kuma, B., (2016). Assessment of Factors Influencing Practical Work in Chemistry: A Case of Secondary Schools in Wolaita Zone, Ethiopia. I.J. Education and Management Engineering, 6: 53-63.

Arikunto, S., (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Arifin, Z., Silaban, R., dan Tarigan, S. (2017). Analysis of Chemistry Practical Guidebook Class 12th of Odd Semester Based on the 2013 Curriculum. IOSR Journal of Research & Method in Education, 7(6), 69-73.

Azwar, S., (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hosler, J. & Boomer, K.B., (2011). Are Comic Books an Effective Way to Engage Nonmajors in Learning and Appreciating Science. CBE-Life Science Educational, 10: 309-317.

Jahro, I.S dan Susilawati (2009). Analisis Penerapan Metode Praktikum pada Pembelajaran Ilmu Kimia di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(4): 20-26.

Lee, A. D., Green, B. N., Johnson, C. D. danNyquist, J., (2010). How to Write A Scholarly Book Review for Publication in a Peer-Reviewed Journal a Review of The Literature. The Journal of Chiropractic Education, 24(1): 57-59.

Mukhtar, Z., Emiliya, R., Silaban, R., (2015). Pengembangan Penuntun Praktikum Model Discovery Dan Project Based Learning Pada Pembelajaran Asam Dan Basa Di Sma Kelas Xi. Jurnal Tabularasa, 12(3).

Ojelade, I.A., (2015). Impacts of Integrating Practical Classes into the Teaching of Chemistry in Senior Secondary Schools. Advances in Social Sciences Research Journal, 2(3): 140-146.

Okam, C.C and Zakari, I.I., (2017). Impact of Laboratory-Based Teaching Strategy on Students’ Attitudes and Mastery of Chemistry in Katsina Metropolis”, Katsina State, Nigeria. International Journal Of Innovative Research & Development, 6(1): 112-121.

Peraturan Pemerintah. (2013). Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Silaban, R., Septiani, B., dan Hutabarat, W., (2015). Penyusunan Bahan Ajar Kimia Inovatif Materi Laju Reaksi Terintegrasi Pendidikan Karakter Siswa SMA. Jurnal Tabularasa. 12(1): 78-88.

Tezcam, H and Bilgin, E., (2004). Affects of Laboratory Method and Other Factors on The Student’s Success in The Teaching of The Vation Subject at The High School. The Journal of Gazi Educational Faculty, 24: 175-191.

Xu, H. & Talanguer, V., (2013). Effect of The Level of Inquiry of Lab Experiments on General Chemistry Students Written Reflections. Journal of Chemical Education, 90: 21-28.

Yulia, R.H., (2016). Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Inovatif Pada Pokok Bahasan Senyawa Karbon Untuk Kelas XII SMA/MA. Tesis, Pascasarjana Universitas Negeri Medan.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v7i2.8143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zainal Arifin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License