PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI PERUBAHAN FISIKA DAN KIMIA

Andari Meriam Irmalia, Hairida Hairida, Rini Muharini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa tentang kearifan lokal di Madrasah Tsanawiyah Desa Sungai Itik Kuburaya. Kebanyakan guru tidak pernah mengajarkan siswanya tentang nilai-nilai kearifan lokal dalam proses belajar-mengajar. Alasannya karena didasarkan pada sistem pendidikan sekolah. Mereka terpaku pada materi belajar-mengajar yang telah disajikan sebagaimana dalam kurikulum. Siswa kurang memiliki pengetahuan literasi sains untuk mengidentifikasi peristiwa-peristiwa yang mengandung nilai-nilai budaya lokal di daerah setempat. Penelitian ini dilakukan pada Lembar Kerja Siswa (LKPD) berbasis kearifan lokal pada bab Perubahan Fisika dan Kimia pada siswa kelas VII MTs Ash-Shiddiqiyyah Desa Sungai Itik Kuburaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model 4D (define, design, development, disseminate) dan berhenti pada pengembangan model. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan kuesioner untuk mengetahui kualitas Lembar Kerja Siswa (LKPD). Hasil uji persentase temuan menunjukkan 89% yang berarti valid secara signifikan, hasil aspek linguistik sebesar 86% yang berarti valid secara signifikan, dan hasil kegrafikan sebesar 86% yang berarti valid secara signifikan.


Keywords


LKPD ; Lokal Wisdom ; 4D Models

Full Text:

PDF

References


Ahmad, L. S., Sakti, I., & Setiawan, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Fisika Berbasis Etnosains Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 121–130.

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 191–202.

Azizahwati, & Yasin, R. M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 65–69.

Dazrullisa, & Hadi, K. (2018). Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar. BINA GOGIK, 5(2), 50–62.

Prof. Dr. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Robert Sibarani. (2014). Kearifan Lokal Hakikat, Peran, dan Metode Tradisi Lisan (Edisi Kedu). Asosiasi Tradisi Lisan (ATL).

Sanchia, A. I., & Faizah, U. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Melatih Keterampilan Proses Sains pada Materi Arthropoda Kelas X SMA. Jurnal Riset Biologi Dan Aplikasinya, 1(1), 9–17.

Sari, R. D. widiya, Rahimah, D., & Maulidiya, D. (2017). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Tematik Integratif Berbasis Pendidikan Karakter Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Materi Statistika Untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 106–115.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v7i2.8154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andari Meriam Irmalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License