PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X MIPA

Elpita Elpita, Eny Enawaty, Ira Lestari

Abstract


Materi ikatan kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang ditemukan di lapangan yang dianggap sulit oleh siswa. Selain itu, Lembar Kerja Siswa (LKPD) yang digunakan pada saat proses pembelajaran dinilai kurang menarik oleh siswa sehingga menurunkan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar yang dapat digunakan dengan mudah oleh guru dan siswa selama proses pembelajaran. Dalam hal ini produk yang dimaksud adalah Lembar Kerja Siswa (LKPD) berbasis Discovery Terbimbing Materi Ikatan Kimia untuk kelas X Matematika dan IPA. Pengembangan LKPD berbasis Discovery Terbimbing merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4D (empat D) yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), desain (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Validitas atau kelayakan LKPD sebesar 84,5% ditinjau dari kelayakan isi, penyajian, bahasa dan kegrafikan serta kontekstual, menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan merupakan prototipe yang layak untuk diuji dalam pembelajaran.


Keywords


Model Pengembangan 4D (empat D), Ikatan Kimia, Penemuan Terbimbing, LKPD

Full Text:

PDF

References


Adytia, P. F., & Dwiningsih, K. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Literasi Sains Pada Materi Ikatan Kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 7(3), 358–364.

Arywiantari, D., Agung, A. . G., & Tastra, I. D. K. (2015). Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 singaraja. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 3.

Dewi, R., Budiarti, R. S., & Aina, M. (2017). The Development Of Learner Activity Sheet- Carged Character Education With A Learning Model Of Guided Inquiry On Material Of Bacteria For Students Of Class X High School. Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 3(1), 17–26.

Donni, P. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran (1st ed.). Pustaka Setia Bandung.

Ernawati. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Model 4-D pada Materi Getaran Gelombang dan Bunyi dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP Negeri 6 Palu. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulaka, 3(1), 62–71.

Gonibala, A., Pikoli, M., & Kilo, A. La. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran Materi Ikatan Kimia Berbasis Model Pembelajaran Pemaknaan Untuk Melatihkan Sensitivitas Moral Siswa Sma. Jambura Journal of Educational Chemistry, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.34312/jjec.v1i1.2067

Hartono, W., & Noto, M. S. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis pada Perkuliahan Kalkulus Integral. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 320. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.616

Hasan, M. (2016). Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman. 04(02), 26–42.

Hulu, G., & Dwiningsih, K. (2021). Validitas LKPD Berbasis Blended Learning Berbantuan Multimedia Interaktif untuk Melatihkan Visual Spasial Materi Ikatan Kovalen. UNESA Journal of Chemistry Education, 10(1), 56–65.

Ikhwan, H., Larutan, S. K., Didik, K. P., & Kritis, B. (2019). BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN. 113–118.

Jannah, R., Rosilawati, I., & Fadiawati, N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Representasi Kimia pada Materi Interaksi Antar Partikel. Jurnal Pendidikan Dan …, 2010, 173–186. https://core.ac.uk/download/pdf/294900932.pdf

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. 35,110,114,120,121.

Pujiastuti, D., & Mulyani, S. (2018). SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA 2018 “Implementasi Pendidikan Karakter dan IPTEK untuk Generasi Millenial Indonesia dalam Menuju SDGs 2030” PENGEMBANGAN HANDOUT KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DILENGKAPI MEDIA GRAFIS PADA MATERI IKATAN KIMIA MA. 3, 2527–5917.

Ridwan, N. K., Mania, S., & Sriyanti, A. (2020). TERBIMBING PADA MATERI BANGUN RUANG DEVELOPING STUDENTS ’ WORKSHEET BASED ON GUIDED DISCOVERY IN SOLID. 2(1), 129–141.

Rusianti, S., Fatah, A. H., & Mulawi. (2019). Analisis Kesesuaian Konsep Ikatan Kimia Pada Buku Kimia Kelas X SMA/MA Terhadap Silabus Kurikulum 2013 Dan Penyusunan Makro Wacana. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 10(2), 184–200. https://doi.org/10.37304/jikt.v10i2.32

Sari, S. U., & Iryani, I. (2019). Penentuan Validitas Modul Ikatan Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing. Edukimia, 1(1), 69–76. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i1.a26

Sefrida Nengsih1. (2017). No Title. PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI PELUANG UNTUK SISWA KELAS XI IPA SMA ADABIAH 2 PADANG, 6(2), 304.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (28th ed.). Alfabeta.

Susilowati P. J., R. N. (2018). a Nalisis K Esalahan K Onsep P Ecahan Pada S Iswa K Elas Vii a. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 199–206.

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

Wahyuni, R., Yunarti, T., & Noer, S. H. (2017). Pengembangan LKPD Berbasisi Penemuan Terbimbing untuk Memfasilitasi Kemampuan dan Disposisi Pemahaman Konsep Siswa. Tesis, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org

Wanti, R., & Yerimadesi, Y. (2019). Pengembangan Modul Reaksi Reduksi dan Oksidasi Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA. Edukimia, 1(1), 38–45. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i1.a5

Yuliandriati, Y., Susilawati, S., & Rozalinda, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 105–120. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4231

(Adytia & Dwiningsih, 2018; Arywiantari et al., 2015; Dewi et al., 2017; Ernawati, 2014; Gonibala et al., 2019; Hartono & Noto, 2017; Hasan, 2016; Hulu & Dwiningsih, 2021; Ikhwan et al., 2019; Jannah et al., 2017; Mulyatiningsih, 2013; Pujiastuti & Mulyani, 2018; Ridwan et al., 2020; Rusianti et al., 2019; Sari & Iryani, 2019; Susilowati P. J., 2018; Tegeh et al., 2019; Wahyuni et al., 2017; Wanti & Yerimadesi, 2019; Yuliandriati et al., 2019)




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v7i2.8155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Elpita Elpita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License