ANALISIS METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN BIOKIMIA DI POLITEKNIK TANJUNGBALAI

Marnida Yusfiani, Rabiah Afifah Daulay, Muhammad Isa Siregar

Abstract


Salah satu cara untuk mengembangkan, menerapkan, dan menarik kesimpulan dari pembelajaran IPA adalah melalui pembelajaran Kimia. Penambahan terbaru pada paradigma pembelajaran yang ada adalah Problem Based Leaning (PBL), yang menggunakan tindakan siswa untuk memecahkan masalah dan dapat diselesaikan secara individu atau kelompok dalam fase dan jangka waktu yang telah ditentukan. Berdasarkan uraian tersebut, maka dilakukan penelitian di bidang Biokimia Politeknik Tanjungbalai untuk mengetahui derajat mahasiswanya. Hasil penelitian diperoleh bahwa pre-test hanya 17% yang lulus tes dengan nilai skor > 70. Pembelajaran post-test melalui PBL menunjukkan 100% lulus tes. Pada kategori sedang nilai g faktor sebesar 0,565, sedangkan pada kategori cukup efektif persentasenya sebesar 56,462%.

Keywords


Metode; Problem Based Learning (PBL); Biokimia, Pembelajaran, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ambar, D. R., Masykuri, M., & Nurhayati, N. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Daring Berbasis Project Based Learning pada Materi Redoks terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN Ngemplak Boyolali. Jurnal Pendidikan Kimia, 11(2), 150–160.

Arisa, S., & Sitinjak, D. S. (2022). Implementation of the STEM-PBL Approach in Online Chemistry Learning and its Impact on Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 6(2), 88–96. https://doi.org/10.23887/jpki.v6i2.44317

Ariyati, P., Warpala, I. W. S., & Santyasa, I. W. (2021). The impact of Project Based Learning (PBL) on kwangsan (pp. 70–89). pp. 70–89.

Ayusni, M., Erna, M., & Anwar, L. (2023). Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau PENGEMBANGAN E-LKM BIOKIMIA BERBASIS STEM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA. 8(2), 109–119.

Desriyanti, R. D., & Lazulva, L. (2016). Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Konsep Hidrolisi Garam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 1(2), 70–78. https://doi.org/10.15575/jta.v1i2.1247

Dosen, A. D. (2023). 6 Sintak Model Problem Based Leaning. Retrieved from Dunia Dosen website: https://duniadosen.com/sintak-model-problem-based-learning/

Ernawati, M. D. W., Sudarmin, S., Asrial, A., Muhammad, D., & Haryanto, H. (2022). Creative Thinking of Chemistry and Chemistry Education Students in Biochemistry Learning Through Problem Based Learing With Scaffolding Strategy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(2), 282–295. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i2.33842

Fuadaturrahmah, F., & Simamora, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Penggunaan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, 5(2), 56–64. https://doi.org/10.30743/cheds.v5i2.4803

Langitasari, I., Rogayah, T., & Solfarina, S. (2021). Problem Based Learning (Pbl) Pada Topik Struktur Atom : Keaktifan, Kreativitas Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2813–2823. https://doi.org/10.15294/jipk.v15i2.24866

Mulyani, S., & Copriady, J. (2023). Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau STRATEGI PEMBELAJARAN KIMIA. 8(1), 33–42.

Rifai, A. S., Utomo, S. B., & Indriyanti, N. Y. (2021). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Termokimia Kelas XI IIS SMA Negeri 5 …. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2), 123–129. Retrieved from https://doi.org/10.20961/jpkim.v10i2.41379

Risnandar, R. K., Sultan, U., Tirtayasa, A., & Indonesia, B. (2023). CHEDS : Journal of Chemistry , Education , and Science Analisis Penerapan Project Based Learning Pada Pembelajaran Kimia. 7(1), 1–4.

SUSWATI, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127–136. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.444

Yani, L. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 5 Takengon (UIN AR-Raniry). Retrieved from https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11067/

Yusfiani, M. (2020). Teacher performance on students learning outcomes in applied chemistry. Jurnal Pendidikan Kimia, 12(1), 20–25. https://doi.org/10.24114/jpkim.v12i1.17709

Yusfiani, M., Lubis, A. R., Fuadaturrahmah, F., & Siregar, M. S. (2022). The effectiveness of analytical chemistry problem based learning model on student learning outcomes. Jurnal Pendidikan Kimia, 14(3), 174–179. https://doi.org/10.24114/jpkim.v14i3.39935

Zaharah, & Silitonga, M. (2023). Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek ( P roject Based Learning ) di SMP Negeri 22 Kota Jambi ( Increasing student Creative Through Project Based Learning models at SMP Negeri 22 Kota Zaharah *, Mangudor siliton. Biodik, 09(03), 139–150.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v7i2.8177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Marnida Yusfiani, Rabiah Afifah Daulay, Muhammad Isa Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License