ANALISIS KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMA KELAS XI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION

Ayu Rahmi, Henni Fitriani, Masrini Masrini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan kolaborasi siswa SMA kelas XI melalui model pembelajaran auditory, intellectually, repetition. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Muara Batu tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3, XI MIA 4, XI MIA 5, dan XI MIA 6 dengan jumlah sebanyak 186 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA 2, XI MIA 3, dan XI MIA 4 sebanyak 102 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan lembar observasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian dari 102 sampel menunjukkan bahwa frekuensi keterampilan kolaborasi siswa tertinggi berada pada kategori sedang sebesar 37,25%.


Keywords


Keterampilan Kolaborasi, Model Auditory, Intellectually, Repetition.

Full Text:

PDF

References


Anantyarta, P., & Sari, R. L. I. (2017) Keterampilan Kolaboratif dan Metakognitif melalui Multimedia Berbasis Means Ends Analisys. Bioma: Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi 2(2), 33-43.

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauji, A., & Winarti, A. (2015). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (Air) pada Materi Hidrolisis Garam Di Kelas XI IPA 2 SMA PGRI 6 Banjarmasin. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(2), 1–10.

Fitriani, H., Mellyzar, M., & Rahmi, A. (2022). Science Process Skills Structure and Activity of Inorganic Compounds Reviewing from Knowledge of Prospective Chemistry Teachers. International journal for Educational and Vocational Studies,4(2), 130-125.

Greenstein, L. 2012. Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin.

Le, Ha., Janssen, J., Wubbels, T. (2018). Collaborative learning practices: teacher and student perceived obstacles to effective student collaboration. Cambridge Journal of Education, 48(1), 103–122.

Nurzalifa, Y. U. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis Lesson Study Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 48-57.

Rahmawati, A., Fadiawati, N., & Diawati, C. (2019). Analisis Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMA pada Pembelajaran Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah. Jurnal pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8(2), 430-443.

Rahmi, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Kinetika Kimia. Relativitas :Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika,1(1), 43-49.

Rizal, N., & Fitriza, Z. 2021. Deskripsi Keterampilan Komunikasi dan kolaborasi Siswa SMA pada Pembelajaran Titrasi Asam-Basa dengan Model Inquiri Terbimbing dan Berbasis Masalah. Edukimia, 3(1), 31-37.

Sani & Abdullah, R. (2019). Pembelajaran Berbasis Hots Edisi Revisi: Higher Order thingking Skills. tanggerang: Tira Smart.

Sari, K. A., Prasetyo, Z. K., & Wibowo, W. S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Ipa Berbasis Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Komunikasi Peserta Didik Kelas Vii Development Of Science Student Worksheet Based On Project Based Learning Model To Improve Collaboration And Communication Skills Of Junior High School Student. Jurnal TPACK IPA, 6(8), 461-467.

Siswanto, R, D., Dadan, D., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditorial, Intelectually, Repetition (Air) untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswa SMK Kelas XI. Nournal on Education, 1(1), 66-74.

Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sufajar, D., & Qosyim, A. 2022. Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains,10(2), 253-259.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, 1(1), 1–10.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Inovation skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Science Education National Conference Universitas Trunojoyo Madura.1(1), 1-18.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v7i2.8244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Henni Fitriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License