LITERATURE REVIEW: PENGGUNAAN APLIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN KIMIA

Chofifah Carunisa, Novia Dwi Iriyanti, Rahmadina Purwita, Sukemi Sukemi, Zihan Nur Angraini

Abstract


Peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran merupakan salah satu variabel pendukung efektifitas suatu proses pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis Android telah muncul sebagai pilihan pendidikan yang menarik. Keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada pembelajaran kimia memanfaatkan aplikasi berbasis Android dibahas dalam tinjauan pustaka ini. Metode naratif literatur review digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis berbagai sumber literatur terkait keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Android. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi pembelajaran berbasis Android dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada disiplin ilmu kimia.

Keywords


Berpikir kritis; Android; Pembelajaran Kimia.

Full Text:

PDF

References


Afrina SMAN, M., Selatan, B., Siska, J., & Danim, S. (2023). Developing Android-Based Chemistry Learning Media Using the Inquiry Model to Improve Students’ Learning Outcomes and Critical Thinking Ability. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.29240/jsmp.v7i2.8162

Amirullah, G., Susilo, D., Merdeka, J. T., & Rambutan, K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 38-47.

Ayirahma, R. M., & Muchlis, M. (2023). Pengembangan E-LKPD Berorientasi Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(6), 675–683. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i6.1961

Dewi, C. A., Awaliyah, N., Fitriana, N., Darmayani, S., Nasrullah, Setiawan, J., & Irwanto, I. (2022). Using Android-Based E-Module to Improve Students’ Digital Literacy on Chemical Bonding. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(22), 191–208. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i22.34151

Afrina, M. (2022). Chemistry Mobile Learning dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Chemistry Mobile Learning Dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, 5, 45–58. http://jgdd.kemdikbud.go.id/index.php/jgdd

Fatma, A. D., & Partana, C. F. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis android terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2). https://doi.org/10.21831/jipi.v5i2.26035

Femiceyanti, I., Rahardjo, S. B., & Yamtinah, S. (2019). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Penyangga Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA SAINS SISWA KELAS XI IPA SMA. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 8(2), 198. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v8i2.37758

Hikmah, M. M., Yamtinah, S., & Mahardiani, L. (2022). Chemar (Chemistry Augmented Reality) Pada Sistem Periodik Unsur Sebagai Media Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Abstrak Siswa. https://doi.org/10.20961/jpkim.v11i2.66618

Hutami, A., Afni Azizah, N., & Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, U. (2023). Kecanggihan Smartphone sebagai Media Pembelajaran Di Era Modern. Borneo Journal of Islamic Education, 3(1), 2023.

Ismayawati, B., & Abhi Purwoko, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Dalam Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Dan GI Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik SMAN 1 AIKMEL. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 54-65. http://jurnal.unram.ac.id/index.php/jpp-ipa

Kartika, H. S., Sumarni, W., & Kimia, J. (2019 Kontribusi Virtual Laboratory Pada Pembelajaran Titrasi Asam Basa Dengan Predict-Observe-Explain Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Phenomenon, 9(2), 190-205.

Kartini, K. S., Tri, N., & Putra, A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4, 12–19. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index

Ramadhani, W.A., Syamsurizal., & Afrida. (2022). Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga, Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia Untuk 10(2). http://ojs.undikma.ac.id/index.php/hydrogen/

Nur Cholifah, S., & Rahayu, D. (2021). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android menggunakan Adobe Animate CC dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai Media Pembelajaran pada Materi Bentuk Aljabar untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5.

Paristiowati, M., Nanda, E. V., Putri Hasibuan, N. A., & Ilmana, M. Z. (2022). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills by Applying Flipped Classroom Learning Model using Powtoon Application on The Topic of Salt Hydrolysis. JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia), 7(3), 379. https://doi.org/10.20961/jkpk.v7i3.67802

Jazirotunnisa., & Wiyanto. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Peningkatan Pemahaman pemahaman Peserta Didik. Unnes Physics Education Journal, 12(2), 94-103. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

Kurniawan, B., & Hidayah, D. R. (2021). Efektivitas Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. JPPMS (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains), 5(2), 92-97. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/

Putri, S. K., Rukmana, E. N., & Saepudin, E. (2022). A Narrative Literature Review of Digital Library Research as A Source of Learning During Covid-19 In the Google . JPUA (Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga), 12(2), 90-101. https://e-journal.unair.ac.id/JPERPUS

Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409

Rosalina, M., Wahyuningtyas, A., Ricci Bisai, M. H., Surya, S., & Imam Bonjol No, J. (t.t.). PENGEMBANGAN APLIKASI SAMBA BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI ASAM BASA. Dalam Indonesian Journal of Natural Science Education 2(2).

Saraswaty, S., Masykuri, M., & Mulyani, S. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Kimia Larutan Penyangga Untuk Meningkatkan Keterampilan Bepikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Di Karanganyar. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 8(2), 110. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v8i2.31822

Savira Febrianti, N., & Putro Utomo, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Media Aplikasi Android Getaran Dan Gelombang. Dalam OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1).

Sinaga, A. S., & Roza, D. (2022). Modifikasi Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Laju Reaksi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 105-113

Sumartiningsih, M. S., dan Yehezkiel, E. P. 2019. Literature Review: Pengaruh Cognitive Behavior Therapy terhadap Posttraumatic Stress Disorder Akibat Kekerasan pada Anak. JPKI (Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia), 5(2), 167-176.

Wardani, S., Lindawati, L., & Kusuma, S. B. W. (2017). The development of inquiry by using android-system-based chemistry board game to improve learning outcome and critical thinking ability. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 196–205. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.8360




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v7i2.8473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Chofifah Carunisa, Novia Dwi Iriyanti, Rahmadina Purwita, Sukemi Sukemi, Zihan Nur Angraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License