PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TERINTEGRASI LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Rini Deliana, Zainal Arifin, Zainuddin Muchtar, Ayi Darmana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan pembelajaran terpadu Lembar Kerja Siswa berbasis inkuiri terbimbing pada materi Kesetimbangan Kimia dan mengetahui tingkat kelayakan bahan pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan standar BSNP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Medan. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang diambil dari 40 mahasiswa yang sedang mempelajari mata kuliah Kinetika dan Kesetimbangan Kimia Universitas Negeri Medan yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan materi pembelajaran LKS terpadu sedangkan kelas kontrol menggunakan buku pegangan siswa. Validasi bahan ajar LKS terpadu adalah tiga orang dosen Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Materi pembelajaran yang dianalisis memberikan hasil yang baik dan tidak memerlukan revisi, namun masih terdapat kekurangan pada setiap materi pembelajaran sehingga perlu pengembangan; (2) Komponen yang diintegrasikan pada materi pembelajaran yang telah dikembangkan yaitu Lembar Kerja, dan model pembelajaran; (3) Hasil penilaian dosen terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan sebesar 3,40 valid (layak) dan tidak perlu direvisi berdasarkan standar BSNP.

Keywords


lembar kerja; penelitian dan pengembangan; penyelidikan yang dipandu

Full Text:

PDF

References


Choo, S.S.Y., Rotgans, J.I., Yew, F.H.J. & Schmidt, H.G. (2011). Effect of Worksheet Scaffods on Student Learning in Problem Based Learning. Jurnal Adv in Health Sci Educ of Singapure, 16(1) : 517 -528.

Ersoy, E and Basir, N. (2014). The Effects of Problem-Based Learning Method in Higher Education on Creative Thinking. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116: 3494 – 3498.

Gultom, E., Situmorang, M., dan Silaban, R., (2015), Pengembangan Bahan Ajar Inovatif dan Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik Pada Pengajaran Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(2): 49-56.

Hanson, R. (2017). Unearthing Conceptions about Types of Chemical Bonding Through the Use of Tiered Worksheets – A Case Study. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJCDSE), 8 (2): 3112 – 3122.

Khairani, S., Asrizal, A., & Amir, H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berorientasi Pembelajaran Kontekstual Tema Pemanfaatan Tekanan Dalam Kehidupan Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas VIII SMP. Pillar Of Physics Education, 10(1).

Matthew, B.M and Kenneth, I.O. (2013). A Study On The Effects Of Guided Inquiry Teaching Method On Students Achievement In Logic. Journal of International Research in Nigeria, 1 (2): 134 – 140.

Mawardi., Irham, M.S, and Oktavia,B. (2017). The Development of Guided Inquiry-based Worksheet on Colligative Properties of Solutions for Chemistry Learning. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 57(1): 38 – 42.

Ningsih,S.C., dan Wijayanti, P.S. (2018). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar English Mathematics Melalui E-Learning Terhadap Pemahaman Geometri Mahasiswa. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 57 – 64.

Parappilly, M. (2013). An Inquiry-Based Approach to Laboratory Experiences: Investigating Students' Ways of Active Learning. International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 21(5): 42 – 53.

Solikhah, I. (2015). KKNI dalam Kurikulum Berbasis Learning Outcomes. LINGUA: Journal of Language, Literature and Teaching, 12(1): 1 -22.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Wenning, C.J. (2012). The Levels of Inquiry Model of Science Teaching. Journal Physics Technology Education, 6 (2): 9 – 16.

Widoyoko,E.P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v8i1.8633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rini Deliana, Zainal Arifin, Zainuddin Muchtar, Ayi Darmana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License