IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS (KGS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI TERMOKIMIA

Adelia Naibaho, Marudut Sinaga, Ani Sutiani, Zainuddin Mucthar, Ratu Evina Dibyantini

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh Evaluasi Pengetahuan Awal (EPA) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dinyatakan dalam bentuk Evaluasi Hasil Belajar (EHB) menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terintegrasi Keterampilan Generik Sains (KGS). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Padang Bulan Medan dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA dan sampel dalam penelitian yaitu kelas XI MIA 1 yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini, terdiri dari; EPA dan EHB masing-masing sebanyak 20 butir soal serta LKPD sebanyak 10 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara EPA dan LKPD terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Selain itu juga terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi antara siswa dengan EPA rendah dan siswa dengan EPA tinggi

Keywords


EPA; EHB; keterampilan berpikir tingkat tinggi; PjBL; keterampilan generik sains

Full Text:

PDF

References


Ambarita, A. E. P. (2023). Analisis Kemampuan Awal Siswa Berbasis Keterampilan Generik Sains Pada Materi Termokimia (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).

Andriyani, E. Y., Ernawati, M. D. W., & Malik, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Proyek pada Materi Termokimia Di Kelas XI SMA. Journal of The Indonesian Society of Intergrated Chemistry, 10(1), 6–11.

Apriyatiningsih, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(3), 270-275.

Artini, N. P. J., & Wijaya, I. K. W. B. (2023). Identifikasi Keterampilan Generik Sains dalam Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 186-193.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Darmuki, A., & Hidayati, N. A. (2023). Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 15-22.

Fitria, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Darul Kamal.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v8i2.9113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 adelia naibaho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License