PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI REDOKS

Fatma Harian Dini, Zainuddin Muchtar, Ajat Sudrajat, Nurfajriaini Nurfajriaini

Abstract


Proses pembelajaran yang baik dapat terwujud apabila didukung dengan sumber belajar dan media pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Untuk mengetahui analisis kebutuhan E-Learning berbasis Google Classroom dalam pembelajaran kimia, Kelayakan pengembangan dan kesesuaian E-Learning berbasis Google Classroom dengan model PjBL. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil analisis kebutuhan diperlukan e-learning berbasis Google Classroom dengan menggunakan model project based learning, Hasil pengembangan e-learning layak digunakan berdasarkan BSNP dengan rata-rata kesesuaian materi sebesar 3,86 dan kesesuaian media elektronik sebesar 3,83.

Keywords


e-learning; google classroom; project based learning (PjBL)

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2016). Revitalisasi Penilaian Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke-21. Bandung: PT Refika Aditama.

Ahmar, D. S. (2016). Hubungan antara Kemampuan Awal dengan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri se- Kabupaten Takalar. Jurnal Sainsmat. 5(2), 157-166.

Aisya, N., Corebima, A.D., & Mahanal, S. (2017). Hubungan Antara Pretest dengan Posttest Keterampilan Berfikir Kritis Peserta didik SMA pada Pembelajaran Biologi Kelas Melalui Model Pembelajaran RQA Dipacu CPS di Kota. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2017. Universitas Sebelas Maret, Surakarta. 172- 175.

Amida N., Rohiat S. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Kimia Sekolah Pada Perguruan Tinggi. ALOTROP Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia. 5(1), 88 – 91.

Fahmi dan Wuryandini. (2019). Model Community Learning Berbasis Discovery Untuk Meningkatkan Soft Skills Stoikiometri Kimia Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 13(1), 2268-2276.

Hidayatullah, S., Kazan. (2020). Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 7(3), 270-273.

Juliani, S., & Refelita, F. (2022). Desain dan Ujicoba Media Pembelajaran Berbasis E-Magazine dengan Pendekatan Dilemmas Stories sebaai Sumber Belajar pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Journal Education and Chemistry (JEDCHEM). 5(1), 22-27.

Kemendikbud. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum2013 di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kwon, E. N., & Kang, M. K. (2019). A Study on Process-Based Assessment using Google Classroom. Journal of English Language & Literature Teaching. 25(4): 61-78

Lee, J. H., & Cha, K.W. (2021). A Study on Google Classroom as a Tool for the Development of the Learning Model of College English. International Journal of Contents. 17(2): 65-76.

Mubai, A., Rukun, K., Tasrif, E., Huda, A. (2020). Augmented Reality (AR) - Based Learning Media on the Subject of Computer Network Installation. J. Pendidik. dan Pengajaran. 53, 213–226.

Nurfajriani, N., & Farhansyah, M. (2023). Pengembangan E-Learning Berbasis Project Based Learning Pada Materi Asam Basa Untuk Sma Kelas XI Pada Materi Asam Basa untuk SMA kelas XI. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, 7(2), 149-153.

Nurfajriani and Z Nasution. (2015). “The Effect of Macromedia Flash Software on Learning with Cooperative Models of Team Assisted Individualization Type Towards Students' Chemistry Learning Outcomes in the Base of Thermochemical Material”, Jurnal Pendidikan Kimia, vol 7(3), pp. 18-24.

Panjaitan. (2020). Penerapan Project Based Learning (PjBL) Berbasis Hots Untuk Menciptakan Media Pembelajaran Yang Inovatif. Jurnal Pendidikan Fisika UNIMED. 9(2), 79-90.

Purba, J., & Siregar, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek Di SMA Negeri 2 Lintongnihuta pada materi Asam dan Basa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 2(2), 110.

Santi, N., Muchtar, Z., & Sudrajat, A. (2019). Developing Mobile

Learning Media Integrated of Problem Based Learning in Chemical Equilibrium Materials at Unimed Chemical Education Study Program. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 384: 518-521.

Sigalingging, E. R., & Purba, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Ikatan Ion Dan Kovalen Untuk Kelas X (Doctoral dissertation, UNIMED).

Lukmani, I., Silalahi, A., Silaban, S., & Nurfajriani. (2022a). Interactive learning media innovation using lectora inspire solubility and solubility product materials. Journal of Physics: Conference Series, 2193(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2193/1/012067.

Silitonga, P.M. (2014). Statistik Teori dan Aplikasi dalam Penelitian. Medan: FMIPA Unimed.

Solihudin, T. (2018). Pengembangan E-learning Berbasis Web untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika pada Materi Listrik Statis dan Listrik Dinamis SMA. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. 3(2), 51-61.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wilta Fajrina, Murniaty S., & Nurfajriani (2018). “Developing Interactive Computer Based Learning Media of Lectora Inspire to Enhance Conceptual Skills of Senior High Schools Students”. AISTEEL 2018, 18 Desember 2018, Medan, North Sumatera, Province, Indonesia.

Yudha, S., Nurfajriani., & Silaban, R. (2022). “Development of Android-Based Interactive Multimedia on Odd Semester Chemistry Materials for Class X SMA/MA”, AISTEEL 2022, 20 September 2022, Medan, North Sumatera Province, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v8i1.9242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fatma Harian Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License