ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA STORYBOARD DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

Ajat Sudrajat, Jasmidi Jasmidi, Muhammad Isa Siregar, Marnida Yusfiani, Rabiah Afifah Daulay, Anggian Nurjelita Sinaga, Yuna Elfany, Mayang Sari, Naila Syabina Rachmi, Dina Arfah Ritonga

Abstract


Kajian analisis kebutuhan storyboard sebagai media pembelajaran kimia pada materi koloid dijelaskan dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian pleno pengembangan storyboard sebagai media pembelajaran kimia pada materi koloid.  Sampel penelitian adalah mahasiswa yang mengambil Kimia Umum.  Sampel penelitian 38 siswa untuk informan dan responden. Analisis deskriptif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini, instrumen yang diambil melalui wawancara dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan pada kelas instusional sudah umum, dengan menggunakan multimedia interaktif storyboard sebagai solusinya. Siswa menyatakan bahwa Koloid bersifat abstrak pada beberapa bagiannya. Diperlukan pengembangan storyboard sebagai media pembelajaran koloid

Keywords


media pembelajaran; storyboard; kimia

Full Text:

PDF

References


Arfianti, R., Susatyo, E. B., & Prasetya, A. T. (2023). Desain Media Pembelajaran Fun Colloid berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid. Chemistry in …, 12(1), 76–83. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/61546%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/61546/24103

Bin Arsyad, R., Badu, S. Q., Abbas, N., & Hulukati, E. (2022). Buku Ajar Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Storyboard Untuk Pembuatan Multimedia Interaktif (P. Sarson & etc, eds.). Retrieved from https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/559511-buku-ajar-pengembangan-media-pembelajara-ec4e8aa4.pdf

Darma Surya, A. (2022). Need Analysis of Android-Based Independent Learning Media Development for Elementary High School Students. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 2(3), 150–155. https://doi.org/10.56495/jrip.v2i3.165

Dilla, W. P. (2023). Analysis of Learning Media Needs in Elementary Schools in Palangka Raya. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 2(1), 24–29. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i1.7611

Fatih, M., Alfi, C., & Muqtafa, M. A. (2024). Science Learning Game (SLG) Based on Augmented Reality Enhances Science Literacy and Critical Thinking Students Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(2), 973–981. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i2.6107

Ikhwanus Shofa, M., Wayan Redhana, I., & Prima Juniartina, P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Argument Mapping. 3(April), 31–40.

Kharolinasari, R., Susatyo, E. B., & Sarwana, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Happy Chemist Pada Materi Hidrolisis Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2547–2560.

Kunto, I., Ariani, D., Widyaningrum, R., & Syahyani, R. (2021). Ragam Storyboard Untuk Produksi Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 108–120. https://doi.org/10.21009/jpi.041.14

Nurbani, N., & Puspitasari, H. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Matematika di SMA. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 1908–1913.

Pengelola Siaran Pers. (2023). Pisa 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018

Prakoso, N. A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Materi Keterampilan Bertanya. Jurnal Pendidikan West Science, 1(05), 263–270. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i5.364

Rahmawati ES, Y., Sudarman, S., Ikhwanus Shofa, M., Wayan Redhana, I., Prima Juniartina, P., Darmawan, E. W., … Tambunan, S. A. (2021). Analisa Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung Di Kelas Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(2), 31–40. https://doi.org/10.56495/jrip.v2i3.165

Sari, N. M., Yaniawati, P., Firmansyah, E., Mubarika, M. P., Assegaff, N., & Purwanti, N. S. A. (2023). Pelatihan pembuatan storyboard dan games interaktif untuk guru dan mahasiswa magister pendidikan matematika. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 19(1), 153–166. https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i1.6724

Sari, R. N., & Maharani, E. T. W. (2020). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS DIGITAL DALAM STORYBOARD PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA BUFFERPEDIA’’ SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII Riska. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3, 158–171. https://doi.org/10.22141/2224-0721.16.4.2020.208486

Suryana, O. A., Supriadi, K. I., & Kasmui. (2018). Desain Media Permainan Edukasi Berorientasi Chemo- Edutainment Pada Pembelajaran Kimia SMA. Chemistry in Education, 7(2), 46–53.

Tambunan, S. A. (2021). Analisa Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung Di Kelas Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(1), 23–27. https://doi.org/10.21831/jpts.v3i1.41883

Vickro, A., Safaat H, N., Irsyad, M., & Pizaini, P. (2023). Perancangan Storyboard Pada Game Edukasi Kerajaan Siak Sri Indrapura dengan Genre RPG Menggunakan Metode Balanced design. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.52436/1.jpti.266

Winarni, R., & Astuti, E. R. P. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN STORYBOARD TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISIWA PADA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 71–79.

Winarni, R., & Astuti, E. R. P. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 69–79.

Yuliani, S., Aliyah, R. R., & Muhdiyati, I. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator Pembelajaran Daring pada Pandemi COVID-19. Khazanah Pendidikan, 16(1), 117–123. https://doi.org/https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.12760

Yuliawati, L., Aribowo, D., & Hamid, M. A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 5(1), 35–42.

Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 118–127. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424

Yusfiani, M., Daulay, R. A., & Siregar, M. I. (2023). Analisis Metode Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Biokimia di Politeknik Tanjungbalai. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, 7(2), 210–215. Retrieved from https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/CHEDS/article/view/8177

Yusfiani, M., Lubis, A. R., Fuadaturrahmah, F., & Siregar, M. S. (2022). The effectiveness of analytical chemistry problem based learning model on student learning outcomes. Jurnal Pendidikan Kimia, 14(3), 174–179. https://doi.org/10.24114/jpkim.v14i3.39935




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v8i1.9308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ajat Sudrajat, Jasmidi Jasmidi, Muhammad Isa Siregar, Marnida Yusfiani, Rabiah Afifah Daulay, Anggian Nurjelita Sinaga, Yuna Elfany, Mayang Sari, Naila Syabina Rachmi, Dina Arfah Ritonga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License