ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA STORYBOARD DALAM PEMBELAJARAN KIMIA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arfianti, R., Susatyo, E. B., & Prasetya, A. T. (2023). Desain Media Pembelajaran Fun Colloid berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid. Chemistry in …, 12(1), 76–83. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/61546%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/61546/24103
Bin Arsyad, R., Badu, S. Q., Abbas, N., & Hulukati, E. (2022). Buku Ajar Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Storyboard Untuk Pembuatan Multimedia Interaktif (P. Sarson & etc, eds.). Retrieved from https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/559511-buku-ajar-pengembangan-media-pembelajara-ec4e8aa4.pdf
Darma Surya, A. (2022). Need Analysis of Android-Based Independent Learning Media Development for Elementary High School Students. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 2(3), 150–155. https://doi.org/10.56495/jrip.v2i3.165
Dilla, W. P. (2023). Analysis of Learning Media Needs in Elementary Schools in Palangka Raya. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 2(1), 24–29. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i1.7611
Fatih, M., Alfi, C., & Muqtafa, M. A. (2024). Science Learning Game (SLG) Based on Augmented Reality Enhances Science Literacy and Critical Thinking Students Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(2), 973–981. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i2.6107
Ikhwanus Shofa, M., Wayan Redhana, I., & Prima Juniartina, P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Argument Mapping. 3(April), 31–40.
Kharolinasari, R., Susatyo, E. B., & Sarwana, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Happy Chemist Pada Materi Hidrolisis Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2547–2560.
Kunto, I., Ariani, D., Widyaningrum, R., & Syahyani, R. (2021). Ragam Storyboard Untuk Produksi Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 108–120. https://doi.org/10.21009/jpi.041.14
Nurbani, N., & Puspitasari, H. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Matematika di SMA. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 1908–1913.
Pengelola Siaran Pers. (2023). Pisa 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018
Prakoso, N. A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Materi Keterampilan Bertanya. Jurnal Pendidikan West Science, 1(05), 263–270. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i5.364
Rahmawati ES, Y., Sudarman, S., Ikhwanus Shofa, M., Wayan Redhana, I., Prima Juniartina, P., Darmawan, E. W., … Tambunan, S. A. (2021). Analisa Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung Di Kelas Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(2), 31–40. https://doi.org/10.56495/jrip.v2i3.165
Sari, N. M., Yaniawati, P., Firmansyah, E., Mubarika, M. P., Assegaff, N., & Purwanti, N. S. A. (2023). Pelatihan pembuatan storyboard dan games interaktif untuk guru dan mahasiswa magister pendidikan matematika. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 19(1), 153–166. https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i1.6724
Sari, R. N., & Maharani, E. T. W. (2020). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS DIGITAL DALAM STORYBOARD PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA BUFFERPEDIA’’ SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII Riska. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3, 158–171. https://doi.org/10.22141/2224-0721.16.4.2020.208486
Suryana, O. A., Supriadi, K. I., & Kasmui. (2018). Desain Media Permainan Edukasi Berorientasi Chemo- Edutainment Pada Pembelajaran Kimia SMA. Chemistry in Education, 7(2), 46–53.
Tambunan, S. A. (2021). Analisa Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung Di Kelas Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(1), 23–27. https://doi.org/10.21831/jpts.v3i1.41883
Vickro, A., Safaat H, N., Irsyad, M., & Pizaini, P. (2023). Perancangan Storyboard Pada Game Edukasi Kerajaan Siak Sri Indrapura dengan Genre RPG Menggunakan Metode Balanced design. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.52436/1.jpti.266
Winarni, R., & Astuti, E. R. P. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN STORYBOARD TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISIWA PADA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 71–79.
Winarni, R., & Astuti, E. R. P. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 69–79.
Yuliani, S., Aliyah, R. R., & Muhdiyati, I. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator Pembelajaran Daring pada Pandemi COVID-19. Khazanah Pendidikan, 16(1), 117–123. https://doi.org/https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.12760
Yuliawati, L., Aribowo, D., & Hamid, M. A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 5(1), 35–42.
Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 118–127. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424
Yusfiani, M., Daulay, R. A., & Siregar, M. I. (2023). Analisis Metode Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Biokimia di Politeknik Tanjungbalai. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, 7(2), 210–215. Retrieved from https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/CHEDS/article/view/8177
Yusfiani, M., Lubis, A. R., Fuadaturrahmah, F., & Siregar, M. S. (2022). The effectiveness of analytical chemistry problem based learning model on student learning outcomes. Jurnal Pendidikan Kimia, 14(3), 174–179. https://doi.org/10.24114/jpkim.v14i3.39935
DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v8i1.9308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ajat Sudrajat, Jasmidi Jasmidi, Muhammad Isa Siregar, Marnida Yusfiani, Rabiah Afifah Daulay, Anggian Nurjelita Sinaga, Yuna Elfany, Mayang Sari, Naila Syabina Rachmi, Dina Arfah Ritonga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id