PENGARUH PENGALAMAN KERJA DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. DUTAGRIYA SARANA MEDAN

Edi Sofian, Julkar nain

Abstract


PT. Dutagriya sarana Medan adalah perusahaan yang bergerak di bidang Jasa SDM di Indonesia, merupakan pilihan yang tepat sebagai mitra bisnis dan memiliki reputasi untuk pengalaman dan telah mengelola ribuan pekerja di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kinerja karyawan juga harus ditingkatkan setiap hari. Untuk meningkatkan kinerja, karyawan harus memiliki pengetahuan dalam melaksanakan tugas mereka, karyawan harus meningkatkan rutinitas sehari-hari di perusahaan, karyawan harus bergairah dalam melaksanakan pekerjaan mereka di perusahaan dan datang tepat waktu. Dalam hal ini, penelitian menghubungkan pengaruh pengalaman kerja dan semangat kerja untuk meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini adalah studi menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 responden dengan mengambil sampel 60 responden sebagai subyek studi. Metodologi yang digunakan adalah validitas dan uji keandalan, tes normalitas, uji heterosyndiciditas, tes Multikolinearitas, beberapa analisis regresi linier, tes parsial (t test), tes simultan (f test) dan koefisien penentuan. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa: pengalaman kerja variabel dan semangat kerja secara simultan memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. Dutagriya sarana Medan dengan nilai f-Count > f-Table ( 38,147 > 3,13) dengan nilai yang signifikan lebih kecil dari 0,05. Pengalaman kerja variabel sebagian memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. Dutagriya sarana Medan dengan nilai t-Count > t-Table (6.001 > 2.002) dengan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05. Variabel moral sebagian memiliki efek positif dan signifikan pada kinerja karyawan di PT. Dutagriya sarana Medan dengan nilai yang dihitung > t-Table (5.556 > 2.002) dengan nilai yang signifikan lebih kecil dari 0,05. Nilai R Square adalah 0,572, hal ini menunjukkan bahwa 57,2% dari variabel kinerja karyawan di PT. Dutagriya sarana Medan dapat dijelaskan dengan pengalaman kerja dan variabel moral kerja, sedangkan sisanya 42,8% dijelaskan oleh variabel lain yang dipelajari.


Keywords


pengalaman kerja, semangat kerja, dan kinerja karyawan

Full Text:

PDF

References


Cronbach.Lj. (2010).Methodological studi a personal retrospective in brennan.Robert L. 2001. An essay on the history and future of reliability from the prospective of replication.Journal of educational measurement. 38.

Dewey,John. (2012). Pengalaman Dan Pendidikan. Kepel Press:Yogyakarta.

Ghazali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS20. Semarang : BP Universitas Diponegoro.

Handoko, T Hani. (2008) Manajemen. Yogyakarta:Cetakan Kedelapanbelas. BPEYogyakarta

Hasibuan, Malayu. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta : Bumi Aksara.

Joreskog. K. G. (2009). A General Approach To Confirmatory Maximum Likehood Factor Analysis.Psyhomerrika. 34. 183-202.

Kumar, R. (2005). Research Methodology: A Step Guide For Beginners. Second London: SAGE Publication Ltd. P. 153.

Manulang.(2014). Manajemen Personalia. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Mangkunegara.(2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sa’diyah, Chalimatus. (2013). Pengaruh Pengalaman Kerja, Motivasi Intrinsic An Kepuasan Kerja Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan. Jakarta : PT. Pelita satria Perkasa Sokaraja.

Syafaruddin, Alwi. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta:BPFE

Sugiyono.(2011). Statistika Untuk Penelitian.Bandung : Alfabeta.

Wibowo.(2010). Manajemen Kinerja.Jakarta : Rajawali Pers.

Wibowo.(2016). Prilaku dalam organisasi.Jakarta : Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.30743/jrmb.v4i2.2054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

JRMB (Jurnal Riset Manajemen & Bisnis)
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan-Medan Indonesia 20217 
Telp. (061) 7869880 | fax. (061) 7869880
Email: admin.jrmb@fe.uisu.ac.id