PENGEMBANGAN POCKETBOOK BERBASIS FLIPBOOK DENGAN ANIMASI 3D DALAM POKOK BAHASAN ALAT OPTIK KELAS XI SMA

Diva Alkhadia Rana, Rani Wulandari, Sri Wahyu Oktavianingsih, Irnin Agustina Dwi Astuti

Abstract


Pembelajaran fisika terkesan membosankan dan sulit bagi siswa karena banyak mengandung rumus-rumus. Hal ini membuat siswa kurang tertarik untuk belajar fisika. Oleh karena itu dibutuhkan iovasi media pembelajaran yang dapat meningkatkan ketertarikan siswa. Salah satunya yaitu media embelajaran dalam bentuk  pocketbook berbasis flipbook . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kelayakan media pembelajaran online berupa  pocketbook berbasis flipbook. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengah model ADDIE yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk tersebut. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi. Berdasarkan hasil analisis data terdapat nilai validasi rata-rata sebesar 83,4 % dengan kategori layak. Sehingga dapat disimpulkam pocketbook fisika berbasis flipbook dengan animasi 3D pada materi alat optik layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran; Edisi revisi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Armelia, D., Prihatin, I., & Susiaty, U. D. (2019). Pengembangan media pocket book berbasis discovery learning terhadap kemampuan pemahaman matematis. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(3).

Beatrice, Y., Nevrita, N., & Amelia, T. (2021). Validitas Media Flipbook Interaktif Berbasis Android Untuk Pembelajaran Bologi Sma Kelas Xi Pada Materi Sistem Koordinasi Manusia. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 1156-1160.

Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. (2015, October). Pengembangan media pembelajaran flipbook fisika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 4, pp. SNF2015-II).

Mulyadi, D. U., Wahyuni, S., dan Handayani, R.D. 2016. Pengembangan Media Flash Flipbook untuk Meningatkan Keterampilan Kreatif siswa.Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol.4(4): 296-35.

Oktarina, Y., & Abdullah, Y. (2017). Komunikasi dalam perspektif teori dan praktik. Deepublish.

Kodi, A. I., Hudha, M. N., & Ayu, H. D. (2020). Pengembangan media flipbook fisika berbasis android untuk meningkatkan prestasi belajar pada topik perpindahan kalor. In SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika).

Mulyaningsih, N. N., Astuti, I. A. D., & Okyranida, I. Y. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook 3D di MGMP Fisika Kabupaten Serang. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 4(6), 576-584.

Sanaky, Hujair AH. (2013). Media Pembelajaran, Yogyakarta : Safiria Insania Press.

Saputra, H., & Musafanah, Q. (2017). Pengembangan Media Koran Melalui Flipbook Berupa E-Book Pada Materi IPA. Elementary School Journal, 4(2), 205-211.

Sugianto, D., Abdullah, A.G., Elviyanti, S., dan Mulyadi, Y. 2013. Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar teknik Digital. Jurnal INVOTEC. Vol.9(2): 101-116.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suniati, N. M. S. (2013). Pengaruh implementasi pembelajaran kontekstual berbantuan multimedia interaktif tehadap penurunan miskonsepsi (studi kuasi eksperimen dalam pembelajaran cahaya dan alat optik di SMP Negeri 2 Amlapura). Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1).

Supardi, U. S., Leonard, Suhendri, H. & Rismurdiyati. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2 (1), 71-81.

Wardhani, Pramika. 2012. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Konservasi Lingkungan untuk Pemelajaran Membaca Siswa SD Kelas Rendah. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.