CRITICAL THINKING SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH KARANG TENGAH

Effendi Effendi, AR Sinensis

Abstract


Critical Thinking  merupakan keterampilan pengetahuan dalam meningkatkan pemikiraan menjadi lebih terarah, memformulasikan kesimpulan dan membuat keputusan. Diwalai dengan kegiatan observasi pada materi GLBB di SMA Muhammdiyah Karang tengah, difahami bahwa perlu adanya upaya untuk mengetahui bagaimana Critical Thinking  siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini menjadi sangat penting untuk dilakukan karena dengan mengetahui tingkat Critical Thinking  siswa maka guru akan mudah memberikan treatment kepada siswa di kelas tersebut. Untuk mengetahui kemampuan Critical Thinking  siswa dilakukan dengan teknik pemberian angket. Sebelum angket tersebut digunakan maka terlebih dahulu dilakukan validasi agar mendapatkan isntrumen yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada beberapa aspek Critical Thinking  yang diukur mendapatkan hasil: 1) kemampuan memahami persoalan rata-rata 77,91. 2) kemampuan menggunakan dan mengelola informasi dalam menginvestigasi masalah rata-rata 79,69. 3) kemampuan untuk menggunakan dan mengelola informasi dalam merancang pemecahan masalah rata-rata 79,69. 4) kemampuan berfikir secara sistematis rata-rata 78,13. 5) kemampuan untuk menghasilkan resolusi rata-rata 81,51.


Full Text:

PDF

References


Alberida, H. 2019. Pengembangan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan abad 21 Siswa pada Pembelajaran IPA SMP. Disertasi. Padang: Universitas Negeri Padang. Tidak dipublikasikan.

Rohman. F., Fauzan, A. dan Yohandri. (2020). Pengembangan E-modul praktikum interaktif berbasis model PBL (Project, Technology, and Active) untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Mahasiswa Pendidikan Fisika. Disertasi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. April, 0–16. Diakses pada, 22.

Wahyuni, D. and Abdillah, D. (2019) 'Analisa Pembelajaran Dan Penilaian Teknologi Pendidikan, Di Perguruan Tinggi Dengan Metode Student Centered Learning Berbasis Teknologi Informasi', in l'prosiding Seminar Nasional Era Industri (SNED 4.0, pp. 136-141.

Wibowo, W. S. (2014). Implementasi Model Project-Based Learning (PJBL) Dalam Pembelajaran Sains Untuk Membangun 4Cs Skills Peserta Didik Sebagai Bekal Dalam Menghadapi Tantangan Abad 21. Seminar Nasional IPA V, July, 275–286.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.