DAMPAK PENERAPAN MODEL PjBL DENGAN STEM PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Alexander Mahombar, Herna Puspita Padang, Peniel Hutagalung

Abstract


Model pembelajaran yang sangat disarankan untuk diterapkan pada kurikulum merdeka belajar adalah model Project Based Learning (PjBL) dengan STEM. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapati dampak penerapan model PjBL dengan STEM pada kemampuan berpikir kreatif dan kritis siswa. Metode yang digunakan ialah metode meta-analisis yang dipadukan dengan analisis data untuk menghitung effect size. Terdapat 17 artikel yang sudah terpublikasi dan mempunyai ISSN sebagai sampel dalam penelitian ini. Pada penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 1). Rata-rata dampak penerapan model PjBL dengan STEM pada kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan effect size sebesar 3,49 dan pada kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 1,04. Dengan demikian, penerapan model PjBL dengan STEM pada pembelajaran fisika memiliki dampak positif pada kemampuan berpikir kreatif dan kritis siswa. 2) Materi yang paling efektif dalam penerapan model PjBL dengan STEM pada pembelajaran fisika ialah materi momentum dan impuls yang memiliki effect size sebesar 6,82.


Full Text:

PDF

References


Antoni, A. M., Hidayat, F., & Khatimah, H. (2021). META ANALYSIS OF THE EFFECT OF GUIDED INQUIRI MODEL ON PHYSICS CURRENTS ON STUDENTS’ CRITICAL THINKING ABILITY. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2). https://doi.org/10.24114/jpf.v10i2.29361

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House, 83, 39–43.

Furi, I. M. L., S. Handayani, S.Maharani. 2018. Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning dan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan. 35.

Jagantara, I. M. W., P. B. Adnyana, dan N. L. P. M. Widiyanti. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. 4(1).

Jatmika, S., Lestari, S., Rahmatullah, R., Pujianto, P., & Dwandaru, W. S. B. (2020). Integrasi project based learning dalam science technology engineering and mathematics untuk meningkatkan keterampilan proses sains dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 6(2), 107-119.

Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here To Stay. Corwin Press, Inc.

Kamala, D. N. N. S., Arnyana, I. B. P., & Margunayasa, I. G. (2023). Pengaruh Model PjBL STEM Terhadap Kemanpuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1).

Ketut, N., & Yuliari, R. (2020). Studi Literatur Pendekatan Pembelajaran STEM Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2020, 1-8.

Khoiriyyah, N., Qomaria, N., Ahied, M., Putera, D. B. R. A., & Sutarja, M. C. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning dengan Pendekatan STEAM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Vektor: Jurnal Pendidikan IPA, 3(2), 55-66.

Lestari, S. (2021). Pengembangan orientasi keterampilan abad 21 pada pembelajaran fisika melalui pembelajaran PjBL-STEAM berbantuan Spectra-Plus. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 272-279.

Lutfi, A. A. Aziz, dan Ismail. 2018. Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi STEM Terhadap Literasi Sains, Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya.

Mahanal, S., E. Darmawan, A. D. Corebima, dan S. Zubaidah. 2010. Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi. 1(1).

Mawarni, R., & Sani, R. A. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Stem Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Padamateri Pokok Fluida Statis Di Kelas Xi Smanegeri 4 Tebing Tinggi TP 2019/2020. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 8(2).

Naloka, A., & Amalia, G. (2017). Landasan pendidikan dasar pengenalan diri sendiri menuju perubahan hidup. Cet. 1, Landasan Pendidikan., 574.

Nuri Ade Iksani Devi, Albertus Djoko Lesmono ; Heni Mulyo Widodo. (2020). Analisis Kreativitas Matematis Siswa SMA Melalui Project Based Learning Terintegrasi STEM Pada Pembelajaran Fisika Elastisitas Dikelas XI MIPA 6 SMAN 2 Jember (2020). Jurnal Pembelajaran Fisika, 95-100.

Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains, 2016–2023.

Qadafi, M., & Hastuti, A. (2022). Pengaruh model pembelajaran project based learning (pjbl) terintegrasi stem pada mata pelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik sma tgh umar kelayu tahun ajaran 2021/2022. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 223-228.

Rahardhian, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Pjbl Berbasis Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 1-9.

Rana, W. M., Kurniawati, M., & Sundaygara, C. (2021). Pengaruh Model PjBL Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Secara Daring Pada Materi Hukum Newton. Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 54-60.

Rohmah, H. N., Suherman, A., & Utami, I. S. (2021). Penerapan problem based learning berbasis STEM pada materi alat optik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 117-123.

Rohman, A., Ishafit, I., & Husna, H. (2021). Pengaruh penerapan model Project Based Learning terintegrasi STEAM terhadap berpikir kreatif ditinjau dari pemahaman konsep fisika Siswa SMA pada materi dinamika rotasi. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 9(1).

Rosyidah, N. D., Kusairi, S., & Taufiq, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model STEM PjBL disertai Penilaian Otentik pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10), 1422-1427.

Safriana, S., Ginting, F. W., & Khairina, K. (2022). Pengaruh model project based learning berbasis steam terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi alat-alat optik di sma. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 127-136.

Saefullah, A., Suherman, A., Utami, R. T., Antarnusa, G., Rostikawati, D. A., & Zidny, R. (2021). Implementation of PjBL-STEM to improve students’ creative thinking skills on static fluid topic. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 6(2), 149-157.

Saputri, M., & Syukri, M. (2022, February). Analysis of momentum and impulse on students’ creative thinking skill through project based learning integrated STEM (science, technology, engineering, mathematics). In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2193, No. 1, p. 012066). IOP Publishing.

Sumardiana, S., Hidayat, A., & Parno, P. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis pada Model Project Based Learning disertai STEM Siswa SMA pada Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 874–879.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Usmeldi, U., Amini, R., & Trisna, S. (2017). The development of research-based learning model with science, environment, technology, and society approaches to improve critical thinking of students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 318-325.

Widyasmah, M., & Herlina, K. (2020, February). Implementation of STEM Approach Based on Project-based Learning to Improve Creative Thinking Skills of High School Students in Physics. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1467, No. 1, p. 012072). IOP Publishing.

Yasa, P., Wardani, A. L., & Suswandi, I. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PjBL-STEM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 4. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 13(2), 352-361.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke- 21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminarm Nasional Pendidikan, 2(2), 1-17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.