EFEK KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA FISIKA

Sri Handayani Parinduri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek kemandirian belajar terhadap keterampilan berpikir kreatif  mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tadris fisika UIN Syahada Padangsidimpuan. Pemilihan sampel dilakukan secara non random sampling yaitu mahasiswa semester VI Tadris Fisika T.P. 2022/2023 sebagai kelas sampel yang diterapkan pembelajaran dengan kemandirian belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen keterampilan berpikir kreatif  dalam bentuk essai sebanyak 5 soal dan instrumen kemandirian belajar bentuk angket sebanyak 10 butir yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 maka Ha diterima, disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kreatif  dengan pembelajaran kemandirian belajar siswa lebih baik daripada keterampilan berpikir kreatif  dengan pembelajaran konvensional.

Kata kunci: Kemandirian belajar, keterampilan berpikir kreatif


Full Text:

PDF

References


Arends, R. (2013). Belajar untuk mengajar. Jakarta: Salemba Humanika.

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fisher, A. (2001). Critical Thinking An Introduction. New York: Cambridge University Press.

McGregor, Debra. (2007). Developing Thinking Developing Learning: A Guide to Thinking Skills in Education. Berkshire: Open University Press.

Mudjiman, Haris. (2011). Belajar Mandiri. Yogyakarta : UNS Press.

Panen, P., dan Sekarniwahyu. 1997. Belajar Mandiri dalam Mengajar di Perguruan Tinggi. Program Applied Aproach. Bagian 2. Jakarta : PAU-Persada: Jakarta PPAI, Universitas Terbuka.

Robinson, K. (2001). Out of Our Minds: Learning to Be Creative. Chichester: Semantic Scholar.

Sardiman, A. M. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo.

Tirtarahardja, U. & Sulo, L. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Torrance, E. P., & Safter, H. T. (1999). Making The Creative Leap Beyond. Hadley, MA: Creative Education Foundation Press.

Sumarmo U. (2004). Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta

Didik. Yogyakarta: Jurnal Makalah pada Seminar Tingkat Nasional FPMIPA UNY.

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.