META ANALISIS PENDEKATAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA

M. Raffi Hidayah Raffi, Fadhila, Angle dan Intan

Abstract


Salah satu cara yang dapat diambil oleh guru untuk meningkatkan prestasi belajar dan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika di SMA adalah melalui penggunaan pendekatan berdiferensiasi. Pendekatan ini dikenal sebagai strategi instruksional yang membantu guru dalam manajemen kelas, mengarahkan pembelajaran, serta mendorong dan memantau perkembangan siswa sehingga setiap siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran fisika di SMA, menggunakan metode Meta Analisis dengan teknik perhitungan effect size. Sampel penelitian terdiri dari 20 artikel ber- ISSN. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan penting: 1) Rata-rata effect size dari penerapan pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran fisika di SMA adalah sebesar 1,95 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika di SMA; 2) Pada tingkat pendidikan SMA, pendekatan berdiferensiasi yang terbimbing memberikan pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan jenis pendekatan lainnya terhadap pembelajaran fisika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran fisika di SMA membawa dampak positif yang signifikan, terutama ketika pendekatan tersebut diarahkan dan dibimbing secara efektif.

Kata kunci: Pendekatan Berdiferensiasi, Pembelajaran Fisika.


Full Text:

PDF

References


Al-Shehri, M. S. (2020). Effect of differentiated instruction on the achievement and development

of critical thinking skills among sixth-grade science students. . International Journal o fLearning, Teaching and Educational Research, 19(10), 77–99.

Ardania, R., & Yusro, A. C. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Model PjBL dengan Media Kartu. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(1), 1-9.

Arrohman, D. A., & Lestar, T. (2023). Analisis Keragaman Peserta Didik dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Fisika. Journal of Science and Education Research, 2(2), 1-11.

Demir, S. (2021). Effects of learning style based differentiated activities on gifted students’creativity. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 9(1), 47–56.

Demir, S. (2021). The Impact of Differentiated Instructional Media on the Motivation and Opinions of Students towards Science Learning in Terms of Learning Styles. Shanlax International Journal of Education, 9(3), 16–25.

Etikamurni, D. P., Istyowati, A., & Ayu, H. D. (2023). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Discovery Learning - Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka. Terapan Sains & Teknologi, 5(2), 180-189.

Ferlianti, S., Mu’iz, M. S., & Chandra, D. T. (2022). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dengan Metode Blended Learning’s Station Rotation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 266–272.

Halimah, N., Hadiyanto2, & Rusdinal3. (2023). ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI KEBIJAKAN

KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5019-5033. Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi diKelas IX .A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123-140.

Khofshoh, J., Zuhri, M. S., Purwati, H., & Wibawa,

A. (2023). EFEKTIVITAS MODEL DL BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DAN MODEL PBL TERHADAP HASIL BELAJAR. MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(2), 1-7.

Lagarusu, A., Odja, A. H., & S. Payu, C. (2023). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI PENDEKATAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP FISIKA DI SMA NEGERI 6 GORONTALO UTARA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 13(2), 317-324.

Liliawati, W., Setiawan, A., Rahmah, S., & Dalila,

A. A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi dalam Model Inkuiri terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. IMIAH PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 2, 393-401.

Marlina, I., & Aini, F. Q. (2024). PERBEDAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN KESIAPAN DENGAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL

BELAJAR SISWA. Pendidikan, Sains dan Teknologi, 11(1), 392 - 404.

Sa’adah, N., Batuleu, M. Y., & Arifah, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)dengan Pendekatan Berdiferensiasi Berbantuan PhET Simulations. Jurnal Lontar Physics Today, 67 - 78.

Setiyo, A. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI KOLABORATIF DENGAN MELIBATKAN ORANG TUA DAN MASYARAKAT UNTUK MEWUJUDKAN STUDENT’S WELL-BEING DI MASA PANDEMI. Ilmiah Biologi, 11(1), 61-78.

Septyana, E., Indriati, N. D., & India, I. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarangpada Materi Program Linear. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 6(02), 85- 94.

Suhartini, H. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Murid kelas X-A SMAN 3 Pandeglang pada Materi Energi Terbarukan. Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 8(1), 97-101.

Sutria, Y., Sirait, S. A., & Utami, A. K. (2023). META ANALYSIS OF THE EFFECTIVENESS OF THE PJBL MODEL ON CRITICAL AND CREATIVE THINKING ABILITY IN PHYSICS LEARNING. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 52-58.

Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80-94.

Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118-126.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.