PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI SUMBER ENERGI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR

Ilda Rahmi Siagian, Robenhart Tamba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul pembelajaran IPA berbasis etnosains pada materi sumber energi untuk meningkatkan literasi siswa kelas IV SDN 106162 Medan Estate, serta untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan terhadap pemahaman konsep siswa dalam menggunakan modul pembelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang membagi proses pengembangan instruksional menjadi empat tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA berbasis etnosains pada materi sumber energi untuk meningkatkan literasi siswa di SD berhasil dikembangkan dengan hasil ahli materi 93% dikategorikan sangat layak, dan ahli media 91,17% yang termasuk kategori sangat valid sedangkan untuk hasil uji coba pemakaian memperoleh hasil 82% dikategorikan sangat praktis. Kemudian untuk melihat keefektifan dilakukan tes sehingga menghasilkan 86,95% yang dimana termasuk kriteria sangat efektif. Jadi dapat disimpulkan berdasarkan data yang diperoleh terhadap meningkatkan literasi siswa kelas IV SDN 106162 Medan Estate memperoleh skor 86,95% dan termasuk dalam kategori sangat efektif.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis (Cetakan Ke-2). Jakarta: Bumi Aksara.

Alfiansyah, E. P. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains Materi Zat Aditif dan Adiktif Untuk Melatih Literasi Sains Siswa (Skripsi).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, B. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hamdani, H. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Khoiri, A & Sunarno, W. (2018). Pendekatan Etnosains Dalam Tinjauan Filsafat. Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 4(2), 145-153.

Lestari, A. W. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Kooperatif Tipe STAD pada Tema Fotosintesis di SMP Giki-3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Sains Unesa, 1(1), 1-8.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.

Rahmawati, F., & Atmojo, R. (2021). Etnosains Pasar Terapung Kalimantan Selatan dalam Materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6280-6287.

Ramadani, H. (2022). Pengembangan Modul Berbasis Etnosains Dalam Pembelajaran IPA MI Keanekaragaman Sumber Daya Alam Nabati Pada Suku Mandailing Kabupaten Pasaman Barat (Skripsi). Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno.

Safitri, D. E. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains Pada Materi Gerak Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SD (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Mataram.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.