Analisis Faktor Produksi Yang Mempengaruhi Pendapatan Coffee Shop Di Desa Marindal Satu Kabupaten Deli Serdang

Panji Wirawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan umtuk mengetahui apakah biaya produksi,upah tenaga kerja,dan harga jual secara serempak yang mempengaruhi pendapatan coffe shop Marindal Satu. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive). Sampel dalam penelitian ini yaitu 13 caffee shop di Marindal Satu. penelitian lapangan dilakukan pada bulan Desember 2021 sampai Januari 2022. Metode yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa coffee shop di Marindal Satu berdasarkan variabel biaya produksi (X1), upah tenaga kerja (X2), dan harga jual (X3) secara serempak berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap terhadap tingkat pendapatan responden coffee shop di Desa Marindal Satu. Variabel biaya produksi tidak berpengaruh signifikan dan berhubungan negatif terhadap tingkat pendapatan responden coffee shop. Variabel upah tenaga kerja tidak berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap tingkat pendapatan responden coffee shop. Variabel harga jual berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pendapatan responden coffee shop di Desa Marindal Satu.

Full Text:

PDF

References


Adenan, 2000. Diktat Sumber Daya Manusia. Universitas Jember. Jember.

Algifari, 2017. Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi. Penerbit BPFE Yogyakarta.

Budiono, 2002. Analisis Produksi Dan Pendapatan Usahatani Kopi Gayo (Arabika) Kabupaten Bener Meriah. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan.

Dhien, 2013. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Coffee Shop Stove Syndicate Di Semarang). Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro. Semarang.

Emzir, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Penerbit PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Ferrinadewi, 2005. Pengaruh Threat Emotion Konsumen Dan Brand Trust Pada Keputusan Pembelian Produk Susu Anlene Di Surabaya. Jurnal. Universitas Widya Kartika. Surabaya.

Liany, 2016. Pengaruh Kualitas Produk Minuman Kopi Terhadap Kepuasan Konsumen di Yellow Truck Coffee Bandung. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Bandung.

Martauli, 2018. Analisis Produksi Kopi di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan.

Novita, 2015. Analisis Produktivitas Usahatani Cabai Merah Besar (Capsicum annum L.) di Desa Andongsari Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Jember.

Sugiyono, 2002. Pengertian Sampel Jenuh. Diakses melalui (serial online). related:etheses.uin.malang.ac.id/715/7/10510050%20BAB%20III.pdf.sampel-jenuh-menurut-sugiyono. Tahun2002 hal 61-63. Diakses pada pukul 00.09 tanggal 29 Juli 2020.

Yulizar, 2015. Analisis Pendatan Usaha Tani Cabai Merah di Kecamatan Woyla Kabupaten Aceh Barat. Universitas Teuku Umar. Aceh Barat.

Zuriah, 2009. Pengertian Populasi Dan Sampel. Diakses Melalui (serial online). http://www.google.com/amp/s/www.statistikiian.com/2012/10/pengertian-populasi-dansampel.html%3famp. Diakses pada pukul 11:22 tanggal 09 Juni 2020. Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Panji Wirawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ATHA Jurnal Ilmu Pertanian

Fakultas Pertanian - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/atha
Email : Jurnal_atha@fp.uisu.ac.id

ATHA Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License