STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS COFFEE SHOP DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVA (STUDI KASUS : WF COFFEE)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persaingan bisnis berbentuk coffee shop yang berdiri di kota medan. Persaingan bisnis coffee shop yang semakin ketat akhir-akhir ini juga membawa pengaruh bagi coffee shop WF Coffee. Semakin banyak pilihan coffee shop bagi konsumen maka konsumen bebas memilih coffee shop mana yang sesuai dengan seleranya dan bisa memenuhi kebutuhannya. Maka dari itu WF Coffee dituntut untuk membuat sebuah rancangan strategi yang memberi nilai lebih kepada kosumen dengan biaya terjangkau di semua kalangan dan berlomba-lomba bemberikan produk dan kualitas terbaik. Dalam penelitian ini, business model canvas digunakan sebagai metode untuk merancang sebuah strategi yang berfokus menguasai pasar bisnis. Dan tahap selanjutnya digunakan untuk mendapatkan kesimpulan hasil kuesioner dengan menggunakan analisis SWOT untuk proses pengambilan keputusan strategis yang umumnya senantiasa dikaitkan dengan masalah misi, tujuan, strategi dan kebijakan dari coffee shop tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
. Hartatik, H., & Baroto, T. 2017. Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Metode Business Model Canvas. Jurnal Teknik Industri, 18(2), 113–120. https://doi.org/ 10.22219/jtiumm. vol18.no2.113-120
. Herawati, N., Lindriati, T., & Suryaningrat, I. B. 2019. Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Kedelai Edamame Goreng. Jurnal Agroteknologi, 13(01), 42.
. Masud, M. I., & Wahid, A. 2020. Model pengembangan pengelolaan hasil tangkap ikan masyarakat pesisir kabupaten Pasuruan melalui pendekatan linear programming dan business model canvas dalam industri 4.0. Agromix, 11(1), 115–124. https://doi.org/10.35891/ agx.v11i1.1672
. Sembiring, R. 2014. Pengantar Bisnis. La Goods Publishing.
. Setyorini, R., & Rey, R. O. 2017. Analisis Model Bisnis pada Eighteen Nineteen Laundry dengan Pendekatan Business Model Canvas. Journal of Secretary and Business Administration, 1(1), 70.
. Sholihah, N. A., & Iqbal, M. 2018. Analisis Perancangan Model Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi pada Usaha Kecil Menengah UD. Duta Merpati). Jurnal Administrasi Bisnis, 61(4), 183–191. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2638
. Sovia Pramudita, A. 2018. Formulasi Model Bisnis Hostel di Bandung dengan Pendekatan Value Chain dan Business Model Canvas (Studi Kasus: Pinisi Backpacker). ISEI Business and Management Review, II(1), 32–38. http://jurnal.iseibandung.or.id/index.php/ibmr
. Wardoyo, P. 2011. Enam Alat Analisis Manajemen. In Semarang University Press (Edisi Pert, Vol. 4, Issue 1). Semarang University Press.
DOI: https://doi.org/10.30743/but.v20i2.10925
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dicky Frendi Farista, Siti Rahmah Sibuea, Tri Hernawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Buletin Utama Teknik
Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id
Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License