ANALISIS PENGARUH WAKTU PEMERAMAN CAMPURAN TANAH LEMPUNG DAN SEMEN TERHADAP NILAI CBR PADA STABILISASI TIMBUNAN JALAN

Bastian Bastian, Kamaluddin Lubis

Abstract


Kualitas tanah dasar (subgrade) sangat menentukan kestabilan konstruksi jalan, karena harus mampu menahan beban lalu lintas yang bersifat statis dan dinamis. Salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur daya dukung tanah adalah nilai California Bearing Ratio (CBR). Tanah dengan nilai CBR rendah menunjukkan kemampuan dukung yang tidak memadai. Dalam kondisi tertentu, penggantian tanah dasar dengan material timbunan dari luar lokasi menjadi solusi umum. Namun, keterbatasan sumber daya menyebabkan tanah plastis tinggi seperti tanah klasifikasi A-7 sering dimanfaatkan sebagai alternatif timbunan, meskipun memiliki karakteristik teknik yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya dukung tanah plastis tinggi melalui metode stabilisasi kimia menggunakan semen Portland. Variasi kadar semen yang digunakan adalah 5%, 10%, dan 15% terhadap berat kering tanah, dengan waktu pemeraman selama 1, 7, 14, dan 28 hari pada kondisi kadar air optimum. Pengujian laboratorium dilakukan untuk menilai perubahan sifat fisik dan mekanik tanah, terutama nilai CBR. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penambahan kadar semen dan perpanjangan waktu pemeraman secara signifikan meningkatkan nilai CBR tanah. Nilai tertinggi sebesar 69,31% diperoleh pada campuran 15% semen dengan pemeraman selama 28 hari, dibandingkan dengan nilai awal tanah tanpa stabilisasi sebesar 3,01%. Temuan ini menunjukkan bahwa stabilisasi menggunakan semen merupakan metode yang efektif dan aplikatif dalam meningkatkan daya dukung tanah plastis tinggi sebagai material timbunan jalan..

Keywords


Stabilisasi Tanah; Tanah Plastis; Semen; Pemeraman; CBR

Full Text:

PDF

References


. Adawiyah, R., Haris, H., & Gazali, A., 2023, Stabilisasi Tanah Lempung Menggunakan Campuran Abu Sekam Padi Dan Semen Di Tinjau Terhadap Nilai Cbr Di Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Jurnal Kacapuri : Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 6(1), 74. https://doi.org/10.31602/jk.v6i1.11648

. Andriani, & Dkk., 2012. Pengaruh Penggunaan Semen Sebagai Bahan Stabilisasi Pada Tanah Lempung Daerah Lambung Bukit Terhadap Nilai Cbr Tanah. Rekayasa Sipil, 8(1), 29–44. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/jrs.8.1.29-44.2012

. Anggraeni, A., 2021, Evaluasi Sistem Dan Prosedur Pencatatan barang Milik Daerah Pada Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Magelang. Universitas Tidar.

. Asnur, H., & Yunita, R., 2023. Perbandingan Tingkat Kepadatan Tanah Di Lima Kecamatan Kota Payakumbuh Dengan Metoda Standar Proktor. Saintekes, 2(1), 54–61. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/saintekes.v2i1.21

. Badan Standarisasi Nasional. 1987, Petunjuk pelaksanaan tebal perkerasan lentur jalan raya dengan metode analisa komponen SNI 03-1732-1989.

. Badan Standarisasi Nasional. 2012. Metode Uji CBR Laboratorium SNI 1744:2012 (ICS 93.020). Badan Standarisasi Nasional (BSN).

. Das, B. M., 2021. Principle of Geotechnical Engineering (Tenth). Cengage.

. Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. 2002. Panduan Geoteknik 2 (Penyelidikan Tanah Lunak Desain & Pekerjaan Lapangan). In Pedoman Kimpraswil No: Pt T-09-2002-B.

. Deviyanti, S., 2017. Semen Trikalsium Silikat Sebagai Bahan Alternatif Untuk Penatalaksanaan Hipersensitif Dentin (Kajian Pustaka). Jurnal Ilmiah Dan Teknologi Kedokteran Gigi, 13(1), 12. https://doi.org/10.32509/jitekgi.v13i1.852

. Fathonah, W., Mina, E., Kusuma, R. I., & Damari, D., 2022, Kinerja Semen Portland Komposit Sebagai Stabilisator Subgrade dan Pengaruhnya Terhadap Nilai Kuat Tekan Bebas. Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil, 19(1), 28–34. https://doi.org/10.30630/jirs.v19i1.752

. Ginting, B., & Dkk., 2023, Analisis Perencanaan Perkerasan Lentur Pembangunan Ruas Jalan Kutabangun-Kutakendit Liang Melas Datas Kabupaten Karo. Ilmiah Teknik Sipil, 12(2), 223–236. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.46930/tekniksipil.v12i2.3591

. Hardiyatmo, H. C., 2019, Perancangan perkerasan jalan dan penyelidikan tanah (3rd ed.). Gadjah Mada University Press.

. Husen, A., 2011, Manajemen Proyek (Perencanaan,Penjadwalan dan Pengendalian Proyek) (Edisi 2). Penerbit Andi.

. Kamaluddin, Sari, N. P., & Marwan. 2023. Analisa Penggunaan Campuran Semen Pada Timbunan Tanah Lunak Dalam Meningkatkan Daya Dukung Terhadap Nilai Uji CBR. Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK). https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek/article/view/7256/5314

. Kusuma, R. I., Mina, E., Fathonah, W., & Kartika, C. D., 2020. Stabilisasi Tanah Lempung Organik Menggunakan Semen Slag Terhadap Nilai Cbr Berdasarkan Variasi Kadar Air Optimum (Studi Kasus Jl. Raya Kubang Laban, Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang). Jurnal Fondasi, 9(2), 154. https://doi.org/10.36055/jft.v9i2.9015

. Mina, E., & Dkk., 2021. Pemanfaatan Semen Slag untuk Stabilisasi Tanah dan Pengaruhnya Terhadap Nilai CBR Berdasarkan Variasi Kadar Air Sisi Basah Optimum. Ilmiah Teknik Sipil, 18(2), 132–140. https://doi.org/https://doi.org/10.30630/jirs.v18i2.648

. Nugroho, S., & Dkk., 2021. Pengaruh Penggunaan Semen dan Fly Ash Terhadap Nilai CBR Tanah Lempung Muara Fajar. Rekayasa Sipil (JRS-UNAND), 17(3), 267–278. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/jrs.17.3.267-278.2021

. Nuri Badariah, C., & Hanova, Y., 2012. (Perbaikan Tanah Dasar Jalan Raya Dengan Penambahan Kapur). Jurnal Rancang Sipil, 1(1), 57–68.

. Pahrida, A., Gandi, S., & Sarie, F., 2021. Pengaruh Penambahan Bubuk Arang Kayu Pada Tanah Lempung Terhadap Nilai Indeks Plastisitas Dan Nilai Cbr. Jurnal Kacapuri : Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 4(1), 223. https://doi.org/10.31602/jk.v4i1.5271

. Rachael Tunas Pratama, Fatma Sarie, & Okrobianus Hendri. 2021. Analisis Perbaikan Tanah Menggunakan Geotekstil Pada Lapisan Subgrade Proyek Pekerjaan Jalan (Studi Kasus: Peningkatan Jalan G.Obos Xxiv Kota Palangka Raya). Jurnal Teknika: Jurnal Teoritis Dan Terapan Bidang Keteknikan, 4(2), 148–154. https://doi.org/10.52868/jt.v4i2.2728

. Ramadhani, & Priyandy, D. O., 2017. Perbaikan Subgrade Menggunakan Tanah Lempung Organik Dengan Penambahan Semen Dan Kapur. Univ PGRI Palembang, 2(2007), 14–22.

. Sampurna, S. A., Iswan, & Zakaria, A., 2018. Pengaruh Penambahan Zat Additive Abu Sekam Padi dan Matos Terhadap Nilai CBR ( California Bearing Ratio ) Tanah Lempung Ditinjau dari Waktu Pemeraman. Jrsdd, 6(1), 100–113.

. Saodang, H., 2019. Konstruksi jalan raya (Buku 2). Penerbit Nova.

. Simbolon, S. H., 2018. Stabilitas Tanah Lempung Menggunakan Gypsum,Kapur (CaO) dan Semen ditinjau dari Nilai CBR (California Bearing Ratio). Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 1(3), 82–91.

. Standards, G. engineering. (n.d.). ASTM D854-10.

. Warman, H., Andrea, B., & Teknik Sipil, P. 2023. Stabilisasi Tanah Lempung Dengan Difa Soil Stabilizer Dan Semen PCC. Sigma Teknika, 6(1), 195–201.




DOI: https://doi.org/10.30743/but.v21i1.12140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Bastian Bastian, Kamaluddin Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License