PENERAPAN METODE STATISTIC PROCESS CONTROL (SPC) DALAM PENGENDALIAN MUTU PRODUK LEMARI KAYU PADA CV.AL-BAROKAH FURNITUR JAYA MEDAN JOHOR

Bonar Harahap, Suliawati Suliawati, Mahmuda Ilmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengendalikan kualitas sebuah produk lemari kayu yang ada pada CV. Al-Barokah Furnitur Jaya Kecamatan Medan Johor Provinsi Sumatera Utara yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam pembuatan serta pemasaran industri mebel diantaranya lemari, kursi, meja dan lain-lain, terletak di kecamatan Medan Johor, Provinsi Sumatera Utara yang berpotensi berkembang pesat. Pengendalian kualitas adalah suatu kegiatan yangdi lakukan untuk memantau aktivitas dan memastikan kinerja sebenarnya yang di lakukan telah sesuai dengan yang telah direncanakan”. Berdasarkan pengertian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengendalian kualitas yaitu suatu teknikdan aktivitas atau tindakan yang terencana yang di lakukan untuk mencapai, mempertahankan, dan meningkatkan kualitas suatu produk agar sesuai dengan standar yang telah di tentukan oleh pemimpin perusahaan dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Data yang digunakan adalah data produksi dalam kurun waktu satu tahun dimulai dari tahun 2023-2024. Penelitian ini bersifat kuantitatif, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Statistic Process Control (SPC). Statistic Process Control (SPC) adalah teknik ilmiah yang sangat baik untuk mengendalikan kualitas dengan berfokus pada proses. Metode statistik ini membantu untuk memahami asal variasi proses yang terjadi, dimana proses produksi dikendalikan kualitasnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil persentase dari jumlah total produksi dan jumlah cacat yang terjadi rata-rata di bawah 50% meskipun masih ada persentase produk cacat 67% yaitu dibulanMei 2023. Dan persentase cacat terkecil berada diangka 20% terjadi di bulan Oktober 2024 pengendalian masih tergolong baik dan tidak melewati dari batas kendali.

Keywords


Pengendalian Kualitas; CV. Al-Barokah; Statistic Process Control (SPC)

Full Text:

PDF

References


. Bustami, T., Alam, S., & Arifin, A. 2024. Penerapan Teknologi Informasi dalam Manajemen Operasional Analisis Implementasi di PT. Unilever Tbk. SEIKO : Journal of Management & Business, 7(1), 1321–1329. https://journal.stieamkop.ac.id/ index.php/seiko/article/view/6673

. Hanum, F., 2020. Kebijakan Strategi Produksi. Medan: UNDHAR PRESS.

. Harnita, A., Kambolong, M., & Yusuf, M. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Horison Kendari. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 302. https://doi.org/10.52423/bujab.v1i2.9562

. Herlina, E., Prabowo, F. H. E., & Nuraida, D. 2021. Analisis Pengendalian Mutu Dalam Meningkatkan Proses Produksi. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(2), 173. https://doi.org/10.12928/fokus.v11i2.4263

. Husni, Amir, Putra, MGS Muh Prima, 2018, Pengendalian mutu hasil perikanan, Ugm Press.

. Muhammad Aminuddin, W., Asrofi Buntoro, G., & Masykur, F., 2021, Implementasi Algoritma Apriori Untuk Aplikasi Informasi Penjualan Web Berbasis Bintang Swalayan Silahung (Doctoral disertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

. Ningrum, Harini Fajar. 2019, Analisis Pengendalian Kualitas Produk Menggunakan Metode Statistical Process Control (SPC) Pada PT Difa Kreasi. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis dan Manajemen 1.2 (2019): 61-75.

. Pemrograman, A. D. A. N. 2020. Pseudocode.Definitions. https://doi.org/10.32388/tf77dy

. Puspitasari, N. B., & Martanto, A. 2014. Penggunaan Fmea Dalam Mengidentifikasi Resiko Kegagalan Proses Produksi Sarung Atm (Alat Tenun Mesin) (Studi Kasus Pt. Asaputex Jaya Tegal). J@Ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 9(2), 93–98. https://doi.org/10.12777/jati.9.2.93-98

. Rambitan, B. F., Sumarauw, J. S. B., & Jan, A. H., 2018. Analisis Penerapan Manajemen Persediaan Pada CV Indospice Manado. Jurnal EMBA, 6(3), 1448–1457.

. Shiyamy, A. F., Rohmat, S., & Sopian, A., 2021. Artikel analisis pengendalian kualitas produk dengan. Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(2), 32–45.

. Siti Solikha, I. S., 2020. Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis(JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182




DOI: https://doi.org/10.30743/but.v21i1.12151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Bonar Harahap, Suliawati Suliawati, Mahmuda Ilmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License