PENGUKURAN EFEKTIVITAS MESIN CETAK WEB OFFSET GOSS COMMUNITY MENGGUNAKAN OVERALL EQUIPMENT EFFECTTIVENESS UNTUK USULAN PERBAIKAN DI PT X

Trisna Mesra

Abstract


PT X  merupakan salah satu badan usaha milik swasta yang bergerak dibidang percetakan yaitu koran. Namun perusahaan ini juga tidak terlepas dari masalah yang berkaitan dengan efektivitas mesin atau peralatan. Seperti kerusakan pada mesin cetak Web Offset Goss Community diantaranya blengket dan roll tinta rusak hasil cetakan menjadi tidak rata. Akibat yang ditimbulkan dari kerusakan tersebut berdampak pada kualitas produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan standar. Peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas mesin dengan menggunakan pendekatan yang dipakai dalam meningkatkan efektivitas mesin adalah Total Productive Maintenance (TPM). Sedangkan OEE (Overall Equipment Effectiveness) merupakan metode yang digunakan sebagai pengukuran dalam penerapan program TPM, guna menjaga peralatan pada kondisi ideal dengan menghapus six big losses peralatan. Kemudian peneliti akan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi nilai OEE menggunakan diagram cause and effect serta memberikan saran perbaikan.
Hasil dari penerapan TPM diperoleh nilai rata-rata OEE pada bulan Januari 2016 − April 2017  bernilai 73.087 % sedangkan nilai rata-rata standar adalah 85 %. Melalui diagram cause and effect bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi nilai OEE rendah adalah faktor manusia (man), mesin (machine), bahan baku (material), dan metode (method). Perbaikan yang bisa dilakukan oleh peneliti adalah perbaikan dari faktor manusia dan metode.


Full Text:

PDF

References


Ansori, Nachnul dan Mustajib, Imron M., 2013, Sistem Perawatan Terpadu. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Fajar Kurniawan, M.Si, RQP., 2013, Manajemen Perawatan Industri. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Apriatno, D., 2015, Usulan Penerapan Total Productive Maintenance (TPM) Guna Meningkatkan Kinerja Mesin Electroplating di Perusahaan Furnitur Tanggerang, Apriatno 271-288, Jurnal OE, Volume VII, No.3, November 2015.

Asgara, B.A., dan Hartono, A., 2014, Analisis Efektivitas Mesin Overhead Crane dengan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) di PT Btu, Divisi Boarding Bridge, INASEA, Vol. 15 No. 1, April 2014: 62-70.

Bilianto, B.Y., dan Ekawati, Y., 2016, Pengukuran Efektivitas Mesin menggunakan Overall Equipment Effectiveness untuk Dasar Usulan Perbaikan, p-ISSN 1412-6869 e-ISSN 2460-4038.

Hasriyono, M., 2009, Evaluasi Efektivitas Mesin Dengan Penerapan Total Productive Maintenance (TPM) di PT Hadi Baru, USU Repository 2009.

Jono., 2015, Total Productive Maintenance (TPM) Pada Perawatan Mesin Boiler menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE), Tekinfo Jurnal Ilmiah Teknik Industri dan Informasi, Vol. 3 – No. 2; Mei 2015.

Rahmadhani, D.F., dkk, 2014, Usulan Peningkatan Efektivitas Mesin Cetak Manual menggunakan Metode OEE (Overall Equipment Effectiveness) Studi Kasus di Perusahaan Kerupuk TTN, Reka Integra ISSN: 2338-5081, No.04, Vol.02, Oktober.

Rinawati, D.I., dan Dewi, N.C., 2014, Analisis Penerapan Total Productive Maintenance (TPM) menggunakan Overall Equipment Effectiveness (OEE) dan Six Big Losses pada Mesin CavitecVD-02 di PT Essentra Surabaya, Prosiding SNATIF ke-1 2014, ISBN : 978-602-1180-04-4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Trisna Mesra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License