ANALISIS PENINGKATAN STABILITAS TEGANGAN DENGAN MENGGUNAKAN KAPASITOR

Yusmartato Yusmartato

Abstract


Permintaan listrik telah meningkat secara substansial sedangkan perluasan pembangkitan tenaga listrik, transmisi tenaga listrik sangat terbatas, karena  pembatasan lingkungan serta sumber daya yang terbatas. Sebagai akibatnya  beberapa saluran transmisi, faktor daya membatasi transfer. Studi Aliran daya pada sistem pembangkitan Sumatera Bagian Utara meliputi wilayah Sumatera Utara dan Aceh yang dikelola oleh PT. PLN (Persero) Pembangkitan Sumbagut, ETAP 4.0 (Electrical Transient Analizer Program) merupakan program yang dapat menampilkan secara GUI (Graphical User Interface) dengan jumlah bus unlimited. Salah satu kegunaan ETAP 4.0 adalah untuk Studi aliran daya. Data yang dibutuhkan ETAP 4.0 untuk studi aliran daya pada sistem pembangkitan Sumatera Bagian Utara adalah one-line diagram, nominal kV, dan rating generator, bus, transformator, transmisi, dan pengaman. Metode pendekatan aliran daya yang digunakan adalah metode Newton-Raphson dengan iterasi maksimum 99 dan ketepatan 0,000001. Permasalahan aliran daya yang ditinjau adalah sistem keadaan normal, salah satu transmisi terputus, salah satu pembangkit tidak beroperasi. Hasil studi aliran daya untuk setiap permasalahan didapatkan tegangan bus paling rendah, losses tertinggi di transmisi. Daya yang disalurkan paling besar yaitu di transmisi pembangkit, namun untuk operasi pembangkit baru di transmisi Tegangan Tinggi. Untuk memperbaki kualitas daya penyaluran dari pembangkit ke beban, perubahan tegangan yang bermasalah dan meningkatkan sistem stabilitas. Penulisan ini bertujuan untuk verifikasi kemampuan kapasitor dalam meningkatkan regulasi tegangan (stabilitas tegangan) dalam sistem transmisi tenaga listrik, dari kapasitor ini disimulasikan menggunakan ETAP 4.0 disertakan dalam model Newton-Raphson.


Full Text:

PDF

References


Asnal Effendi, Sasongko Pramono Hadi, Soedjatmiko, Dept of Electrical Eng, Faculty, Institut Technology Padang, Voltage Stability Analysis of Power System Electrical Apply to Sumbagteng System (Sumbar-Riau-Jambi)

Beaty, H.Wayne, 2000, Handbook of Electric Power Calculations, Third Edition. McGraw-Hill.

Das, J.C, 2002, Power System Analysis-Short Circuit Load Flow and Harmonics. Marcel Dekker,Inc.

E.El-Hawary, Mohamed, 1983, Electrical Power System Design and Analysis. Reston Publishing Company,Inc A Prentice-Hall Company,Virginia. .

Emmy Hosea, Yusak Tanoto, Perbandingan Analisa Aliran Daya dengan Menggunakan Metode Algoritma Genetika dan Metode Newton-Raphson, Jurusan Teknik Elektro, UKP.

Gonen, Turan, 1988, Modern Power System, Jhon Wiley and Sons,Inc,Kanada

Grainger, John J., and Stevenson, W. D. Jr., 1994. Power System Analysis. McGraw-Hill.

Heru Dibyo Laksono, Perbandingan Metoda Newton Raphson Dan Metoda Fast Decouple Pada Studi Aliran Daya (Aplikasi PT.PLN Sumbar-Riau 150 KV), Jurusan Teknik Elektro, UAP, Kampus Limau Manis Padang Sumatera Barat.

M.A.PAI, 1984, Computer Techniques in Power System Analysis, McGraw-Hill.

Refdinal Nazir, UAP, Bahan Kuliah Pengaturan Daya Reaktif pada Sistem Transmisi, Dosen S2 USU, Jurusan Teknik Elektro, UAP, Kampus Limau Manis Padang Sumatera Barat

Reri Afrianita, Heru Dibyo Laksono, Studi Aliran Daya Dengan Metoda Newton-Raphson, (Aplikasi PT.PLN Sumbar-Riau 150 KV), Jurusan Teknik Elektro, UAP, Kampus Limau Manis Padang Sumatera Barat

Suprapto, 2009. Bahan kuliah, Komputasi Pada Sistem Tenaga, Dosen S2 USU.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yusmartato Yusmartato

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License