PENGARUH PENGGUNAAN ABU CANGKANG KELAPA SAWIT GUNA MENINGKATKAN STABILITAS TANAH LEMPUNG

Jupriah Sarifah, Bangun Pasaribu

Abstract


Tanah mempunyai peranan penting dalam suatu pekerjaan konstruksi, tanah lempung (Clay) sering dijumpai dalam pekerjaan konstruksi dilapangan. Tanah lempung memiliki sifat mengembang (Swelling)apabila pori terisi air dan akan menyusut (Shrinkage) dalam kondisi kering. Hal ini sangat berbahaya karena tanah menjadi tidak stabil.Daya dukung tanah lempung dapat bertambah apabila diperbaiki sifat-sifat teknis dari tanah lempung yang kurang menguntungkan dengan mencampur tanah lempung dengan bahan kimia.Oleh karena itu diadakan penelitian pada tanah lempung (Clay) yang diambil dari desa Melati 2 kecamatan Perbaungan kabupaten Serdang Bedagai, dengan cara menambahkan abu cangkang kelapa sawit sebagai bahan stabilisasi. Persentase penambahan abu cangkang kelapa sawit  4%, 6%, 8%, 10%. Dalam penelitian ini tanah diklasifikasikan dengan sistem klasifikasi AASHTO dengan PI diatas 11% dan LL 41% maka tanah tersebut kelompok A-7-6.Penambahan abu cangkang kelapa sawit terhadap tanah lempung (Clay) sebagai bahan stabilisasi tanah pada variasi 4%, 6%, 8%, 10% juga dapat meningkatkan nilai CBR. Semakin besar nilai CBR maka akan meningkatkan daya dukung tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya nilai CBR tanah asli sebesar 4.3%. Pada variasi campuran 4% nilai CBR naik menjadi 6%, pada variasi 6% nilai CBR menjadi 8.3%, pada variasi 8% nilai CBR berkurang menjadi 6% dan pada variasi 10% nilai CBR turun menjadi 4.6%. Dari hasil tersebut menunjukkan  nilai CBR yang tertinggi pada variasi 6% dengan nilai CBR sebesar 8.3%. Dengan kata lain semakin  banyak  penambahan  persentase lebih dari 6 % abu cangkang kelapa sawit maka nilai CBR akan berkurang. Untuk itu dapat disimpulkan bahwasanya penambahan campuran  abu cangkang kelapa sawit maksimal hanya pada penambahan 6 %  abu cangkang kelapa sawit dengan nilai CBR sebesar  8.3 % dan nilai daya dukung tanah (DDT) sebesar  5.65

Full Text:

PDF

References


Das, Braja. M., 1998, Mekanika Tanah” (Prinsip-Prinsip Rekayasa Geoteknik) Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Departemen Pemukiman Dan Prasarana Wilayah, 2003, Badan Penelitian Dan Pengembangan), Jalan Raden Patah 1 No. 1, Jakarta Selatan.

Hardiyatmo, Hary Christady, 1992, Mekanika Tanah 1”, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hardiyatmo, H. C., 2006, Mekanika Tanah 1 Edisi Keempat, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Junaidi, R., 2009, Pengaruh Pemeraman Terhadap Nilai Kohesi Tanah Lempung Mengembang Yang Dicampur Dengan Cangkang Sawit, Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan ITM, Medan.

Pusat Penelitian Kelapa Sawit, 2011, Indonesian Oil Palm Research Institute”, Jalan Brigjen Katamso, Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jupriah Sarifah, Bangun Pasaribu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License