PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATISTIK, RELIABILITAS DAN KORELASI DI INDOMARET DAN ALFAMIDI

Andika Saputra, Suliawati Suliawati, Abdurrozzaq Hasibuan

Abstract


Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampelnya adalah konsumen yang sedang berbelanja di Indomaret dan Alfamidi yang dibatasi pada umur minimal 17 tahun dan diambil secara acak oleh peneliti. Setelah data terkumpul dan telah diidentifikasi maka selanjutnya data tersebut diolah sesuai dengan tujuan pemecahan masalah. Uji validitas data ini dilakukan dengan cara mengkorelasikan skor jawaban yang diperoleh pada masing-masing item dengan skor total keseluruhan item. Uji Reliabilitas digunakan untuk mengukur konsistensi jawaban atau tanggapan responden terhadap keseluruhan item pertanyaan yang diajukan. Hasil uji normalitas Indomaret menunjukkan bahwa nilai signifikasi (p) untuk bagian “Harapan” sebesar  0,041. Hal tersebut diartikan bahwa nilai 0,041 ˂ 0,05 maka data untuk bagian harapan tidak terdistribusi dengan normal. Selanjutnya pada bagian “Kinerja” menunjukkan nilai 0,256 >  0,05 maka data tersebut berdistribusi normal.Hasil uji normalitas Alfamidi menunjukkan bahwa nilai signifikasi (p) untuk bagian “Harapan” sebesar 0,194. Hal tersebut diartikan bahwa nilai 0,392 > 0,05 maka data untuk bagian harapan sudah terdistribusi dengan normal. Selanjutnya pada bagian “Kinerja” menunjukkan nilai 0,634 > 0,05 maka data tersebut sudah berdistribusi normal.Independent Sample T-Test digunakan untuk menguji signifikasi beda rata-rata dua kelompok dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan kepuasan antara kepuasan konsumen Indomaret & Alfamidi atau dapat dilihat juga dari nilai sig (2 – tailed) sebesar 0,416 > α (0,025).


Full Text:

PDF

References


Arief, 2007, Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan, Malang, Bayumedia Publishing

Arikunto, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Admin SPSS Statistik, 2016, Uji Normalisasi Dengan Menggunakan SPSS.

http://www.spsstatistik.com/uji-normalisasi dengan menggunakan spss/

Alfamidi, 2018, Struktur Organisasi Alfamidi,

http://corporate alfamartku.com/struktur organisasi alfamart.

Beneke, J., 2012, Memeriksa Efek dari Dimensi Kualitas Layanan Ritel pada Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan, Independent Research Kournal in The Management Sciences Vol. 12 No. 1 Tahun 2012, ISSN 2413-1903.

Binus, 2011, Struktur Organisasi Indomnaret dan Visi Misi Indomaret,

http://thesis.binus.ac.id/doc/Bab3/2011-100881f%20bab%203%20rev.pdf (struktur organisasi indomaret dan visi misi indomaret)

Kotler, Philip dan KevinLane Keller, 2009, manajemen Pemasaran Buku 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Stoner, James A. F. Sirait, Alfonsus, 1996, Manajemen Jilid I, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Subagyo, Pangestu & Ps. Djarwanto, 2005, Statistika Induktif Ed 5, BPFE, Yogyakarta.

Sutawa, 2007, Analisis Perbedaan Kepuasan Pelanggan Pada Minimarket Indomaret dan Alfamart Kabupaten Ngawai, Perbedaan Kepuasan Pelanggan, 81.

Tjiptono, Fandy, 2014, Pelanggan Puas? Tak Cukup!, CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran Ed. 3, CV. Andi Offset, Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.30743/but.v15i3.2839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Andika Saputra, Suliawati Suliawati, Abdurrozzaq Hasibuan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License