OPTIMALISASI PENGELOLAAN SAMPAH BERDASARKAN TIMBULAN DAN KARAKTERISTIK SAMPAH DI KELURAHAN GEDUNG JOHOR KECAMATAN MEDAN JOHOR KOTA MEDAN

M. Nauvan Afriandi, Rumilla Harahap, Jupriah Sarifah

Abstract


Sampah merupakan salah satu permasalahan yang tidak dapat dihindari dengan adanya penduduk. Peningkatan jumlah penduduk menyebabkan peningkatan aktifitas penduduk yang berarti juga dapat meningkatkan jumlah timbulan sampah, hal ini disebabkan karena banyaknya sumber sampah yang bermunculan seperti di perumahan, tempat wisata, dan fasilitas umum lainnya yang dapat menyebabkan volume sampah bertambah. Jumlah timbulan sampah dan komposisinya didasarkan hasil sampling yang dilakukan menurut SNI 19-3964-1994, dengan menganalisis sampah yang dihasilkan oleh aktivitas warga. Di Kecamatan Medan Johor, sistem pengelolaan sampah yang tersedia masih terbatas dan masih mengandalkan lahan kosong tempat pembuangan sampahnya dan TPS disana masih kurang baik serta kondisi pewadahan sampah yang ada di Kecamatan Medan Johor masih tercampur atau tanpa pemilahan, sehingga masyarakat yang membuang sampahnya belum dapat melakukan pemilahan untuk berbagai sampah organik dan anorganik. Dilihat dari jumlah penduduk dan besar timbulan sampah maka direncanakan pengumpulan sampah setiap hari, dengan keadaan perumahan yang cukup padat dan memiliki jarak yang sangat berdekatan antara satu rumah dengan rumah lainnya oleh karena itu pengumpulan sampah menggunakan kendaraan bermesin seperti becak atau truk pengangkut sampah untuk mempermudah dan mempercepat proses pengumpulan sampah.

Full Text:

PDF

References


Damanhuri,E., Padmi, 2004, Pengelolaan Sampah, Diktat Kuliah ITB Bandung.

Damanhuri, E., 2006, Perolehan Kembali Materi-Energi Dari Sampah, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Lingkungan IV, Surabaya, 25 Juli 2006.

Darmawan, Awal. Maret 2011, Implikasi Perilaku StakeHolders Terhadap Pengelolaan Sampah Terpadu, Jurnal Arsitektur. Volume 1, No. 2.

Departemen Pekerjaan Umum, Republik Indonesia.

Ngoc, U. N., & Schnitzer, H. 2009, Sustainable solutions for solid waste management in Southeast Asian countries. Waste management, 29 (6), 1982-1995.

Niti, Beraja. July 2013, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, Jurnal. Volume 2, No 12.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Pohan, Faulizar, Yuzarian. Januari 2012, Pengelolaan Sampah Perumahan Berdasarkan Karakteristik Timbulan Sampah, Jurnal Teknik. Volume 1, No. 2

Ruslinda, Yenni. Januari 2012, Studi Timbulan, Komposisi Dan Karakteristik Sampah Domestik, Jurnal Teknik Lingkungan. Volume 1, No. 12.

Shekdar, A. V. (2009). Sustainable solid waste management: an integrated approach for Asian countries. Waste Management, 29(4), 1438-1448.

Surjandari, Isti. Desember 2009, Model Dinamis Pengelolaan Sampah Untuk Mengurangi Beban Penumpukan, Jurnal Teknik Industri. Volume 11, No. 2.

Tchobanoglous, G., Theisen, H., & Vigil, S. (1993). Integrated solid waste management: engineering principles and management issues. McGraw-Hill, Inc.

Undang-Undang RI Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Weng, Y. C., & Fujiwara, T. (2011). Examining the effectiveness of municipal solid waste management systems: An integrated cost–benefit analysis perspective with a financial cost modeling in Taiwan. Waste management, 31(6), 1393-1406.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 M. Nauvan Afriandi, Rumilla Harahap, Jupriah Sarifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License