SISTEM INFORMASI E-SMART APPLICATION MASJID BERBASIS WEB

Marina Elsera, Usman Usman, Ahmad Zakir

Abstract


Masjid Khairiyah adalah salah satu tempat beribadah kaum muslimin yang berada dimedan. Masjid Khairiyah belum memiliki sistem informasi dan tata kelola kepengurusan masjid. Banyaknya kegiatan di Masjid Khairiyah dan manajemen keuangan masjid yang belum tertata dengan baik serta pengolahan data yang manual menjadikan pengurus masjid kesulitan dalam mengolah data dan membutuhkan waktu yang lama. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan sistem informasi dan tata kelola kepengurusan masjid yang bisa diakses dengan mudah, kapan dan dimana saja oleh pengurus masjid serta memberikan informasi yang tepat, cepat dan akurat mengenai kegiatan maupun keuangan masjid Khairiyah kepada masyarakat. Atas dasartersebut dikembangkan sistem informasi e-smart application masjid berbasis web yang dibuat dengan Notepad++ disertai alat pemrograman Framework Codeigniter, PHP, HTML, CSS, Boostrap, Javascript dan Jquery. Selanjutnya, penulis akan menggunakan database MySQL dan didukung dengan browser Google Chrome bertujuan mempermudah pengelola masjid dalam mengelola keuangan dan kegiatan masjid serta akan mempermudah masyarakat dalam mencari informasi masjid melalui website yang ada. Tahapan penelitian ini meliputianalisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi dan pengujian. Sistem informasi e-smart application masjid berbasis web ini diuji dengan metode black box. Dengan adanya sistem informasi e-smart application masjid berbasis web ini diharapkan dapat mempermudah dalam pengolahan data masjid secara efektif dan efisien.

Full Text:

PDF

References


] Apriliah, W., Subekti, N., & Haryati, T, 2019, Penerapan Model Waterfall Dalam Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi PT. Chiyoda Integre Indonesia Karawang,. Jurnal Interkom, 14(2).

] Buyung I,P., 2017, Panduan Bekerja Di Dunia Teknologi, Teknologi Informasi Internet, Jogjakarta, Mitra Pelajar.

] Eliani, R. Y., 2019, Implementasi Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Untuk Evaluasi Kinerja Pegawai Pukesmas Tunas Harapan. (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

] Fathurrahman, M. I., 2019, Sistem Pemantauan Pelanggaran Dan Tagihan Susulan Pada PT Pln Unit Layanan Pelanggan Mentok dengan Model Rapid Application Development (RAD) (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

] Feri Sulianti., 2017, Teknik Perancangan Arsitektur Sistem Informasi, Informasi System, Yogyakarta, Andi.

] Novryaldy, A., Seitadi, T., 2018, Perancangan Sistem Informasi Profil Masjid Berbasis Website, Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 4(3), 242–252.

] Puji Rahmawati, R. I. F. A. N. I., & Anistyasari, Y., 2019, Pengembangan Web Repositori Untuk Meningkatkan Pengetahuan Kognitif Tentang Metode Penelitian Pada Mahasiswa Di Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya. It-Edu, 4(01).

] Takdir Ambo., Kusuma Hati., 2019, Sistem Informasi Pengelolaan Kas Berbasis Web, Jurnal Penelitian Ilmu Komputer 7 (1), 55 – 68.

] Waikabo, A. R., & Rosyadi, H. E., 2019, Desain Sistem Informasi Materi Perkuliahan Berbasis Web Pada Fakultas Teknologi Informasi Unmer Malang, In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 3, No. 1, pp. 2108-2114), September.

] Welim, Y. Y.,Sakti, A. R., 2017, Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Pengelolaan Dana Masjid Pada Yayasan Al-Muhajiriin, Tangerang. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(1),29.

] Yunita, I., & Sukma, I., 2016, Sistem Informasi Wedding Organizer Pada Yusma Salon Berbasis Web, Simtek: Jurnal Sistem Informasi dan Teknik Komputer, 1(2), 173-181.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Marina Elsera, Usman Usman, Ahmad Zakir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License