ANALISA PERBANDINGAN HAMMER TEST DAN COMPRESSION TESTING MACHINE TERHADAP UJI KUAT TEKAN BETON

Muhammad Ichsan, Darlina Tanjung, M. Husni Malik Hasibuan

Abstract


Beton merupakan salah satu bahan konstruksi yang telah umum digunakan untuk bangunan gedung, jalan, maupun jembatan,  dan terbuat dari hasil kombinasi antara agregat dan pengikat semen. Seringnya pemeriksaan uji kuat tekan beton di lapangan menggunakan metode non destructive test yang bersifat tidak merusak dengan menggunakan alat hammer karena relatif lebih efisien dari pada harus mengambil sampel beton dan dibawa untuk uji lab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perbandingan antara hammer test dan compression testing machine terhadap uji kuat tekan beton agar dapat menghasilkan kekuatan beton sesuai dengan yang direncanakan. Pada penelitian ini benda uji yang digunakan berupa beton berbentuk silinder dengan diameter 150 mm dan tinggi 300 mm, dengan total benda uji sebanyak 15 benda uji. Pengecoran dilakukan 3 gelombang per 5 benda uji untuk uji tekan dan modulus elastisitas hari 28. Dari hasi penelitian didapatkan nilai R2 = 0.0415 yang menunjukan arti bahwa determinasi atau faktor hubungan dari hammer test dan compression test adalah sebesar 4,15%.


Keywords


Kuat Tekan; Hammer Test; Compression Testing Mechine (CTM)

Full Text:

PDF

References


. ASTM Standard C 150-07. 1990, Standard Specification for Portland Cement (ASTM C 150-07). USA: ASTM International.

. ASTM C 805 (North American Standard). Standard Test Method for Rebound Number of Hardened Concrete. USA: ASTM International.

. Badan Standarisasi Nasional. 2002. Standar Nasional Indonesia (SNI) 03-2847-2002. Tata Cata Perhitungan Standar Beton Untuk Bangunan Gedung. Jakarta : Dewan Standarisasi Nasional.

. Del Viso. J.R, Carmona. J.R, G. Ruiz. 2007. Shape and size effects on the compressive strength of high-strength concrete. Journal of Cement And Concrete Research 38, 386-3.

. Kardiyono Tjokrodimulyo 1992, Teknologi Beton, Buku Ajar Pada Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

. Mulyono, Tri. 2004. Teknologi Beton. Penerbit Andi. Yogyakarta

. Paul Nugraha dan Antoni, 2007. Teknologi Beton, Penerbit C.V Andi Offset, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Ichsan, Darlina Tanjung, M. Husni Malik Hasibuan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License