SIMULASI MONTE CARLO DALAM MEMPREDIKSI JUMLAH PENGIRIMAN DAN TOTAL PENDAPATAN

Ivo Andika Hasugian, Khabiril Muhyi, Nia Firlidany

Abstract


Prediksi penjualan adalah anggaran yang berisi perkiraan tentang kegiatan perusahaan dalam jangka waktu tertentu periode yang akan datang dan berisi perkiraan keadaan atau posisi keuangan perusahaan di masa yang akan datang. Hasilnya dari prediksi penjualan adalah pernyataan atau penilaian yang diukur terhadap kondisi masa depan mengenai penjualan sebagai proyeksi teknis permintaan konsumen potensial untuk periode tertentu. Namun, perkiraan hasil yang diperoleh mungkin tidak sama dengan rencana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memprediksi jumlah pengiriman dan total pendapatan selama 100 hari ke depan. Hal ini memudahkan pengelola perusahaan untuk menerapkan strategi bisnis secara cepat dan optimal. Data yang digunakan adalah data pengiriman selama 7 hari sebelumnya yang diolah dengan menggunakan simulasi Metode Monte Carlo. Dari hasil simulasi Metode Monte Carlo PT. XYZ didaptakan prediksi untuk 100 hari ke depan akan melakukan pengiriman total sebanyak 900 pengiriman dan mendapatkan total pendapatan sebesar Rp. 2.250.000,-. Simulasi Monte Carlo dapat membantu perusahaan mengevaluasi perusahaan. Simulasi pengiriman menggunakan Metode Monte Carlo sangat penting untuk meningkatkan produktivitas baik dalam penjualan maupun bagi karyawan untuk memahami sistem pengiriman. Perancangan simulasi menggunakan metode Monte Carlo dapat mempermudah pencarian masalah dalam sistem nyata dan pembelajaran yang kompleks untuk memahami sistem pengiriman.


Keywords


Monte Carlo; Prediksi; Simulasi; Pengiriman; Pendapatan

Full Text:

PDF

References


. A. Prakash, S. K. Jha, and R. Prasad Mohanty, 2012, Scenario Planning For Service Quality: A Monte Carlo Simulation Study, J. Strateg. Manag., vol. 5, no. 3, pp. 331–352, Aug.

. Baihaqi. Muhammad Reza., Rahayu. Deasy Kartika., dan profita. Anggriani., 2019, Analisis Risiko Rantai pasok Pertanian Berbasis Contract Farming di Kabupaten Paser, Journal Industrial Servicess, Vol. 4, No. 2.

. Geni, Bias Yulisa., Santony, Julius., Sumijan, 2019, Prediksi Pendapatan Terbesar pada Penjualan Produk Cat dengan Menggunakan Metode Monte Carlo, Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, Vol. 1No. 4Hal: 15-20.

. Hasugian, I.A., Sidauruk P.H., Zalukhu A, 2020, Evaluasi Ekonomi Teknik Pada Usaha Bengkel Las (Studi Kasus Bengkel Las XYZ, Medan, Sumatera Utara), Buletin Utama Teknik 15 (2), 190-195

. Hasugian, I.A., Inggrid F, Wardana K, 2020, Analisis Kelayakan Dan Sensitivitas: Studi Kasus UKM Mochi Kecamatan Medan Selayang, Buletin Utama Teknik 15 (2), 159-164

. Hasugian, I.A., Fernando, Supriadi, 2020, Analisis Studi Kelayakan Usaha Pendirian Industri Rumahan (Studi Kasus di UKM Mie Pangsit XYZ Medan), Jurnal Simetri Rekayasa 1 (2), 46-50

Hartanto, Subhan., Siahaan, Andysah Putra Utama., 2018, Monte Carlo Simulation in Prediction of Periodical Sales, International Journal For Innovative Research In Multidisciplinary Field, Volume – 4.

. M. Hoesli, E. Jani, and A. Bender, 2006, Monte Carlo Simulations For Real Estate Valuation, J. Prop. Invest. Financ., vol. 24, no. 2, pp. 102–122, Mar

. M. Nedjalkov and P. Vitanov, 1991, Monte Carlo Technique For Simulation Of High Energy Electrons, COMPEL - Int. J. Comput. Math. Electr. Electron. Eng., vol. 10, no. 4, pp. 525–530, Apr.

Naim, Moch. Abu., Donoriyanto, Dwi Sukma., 2020, Pengendalian Persediaan Obat Di ApotekXyz Dengan Menggunakan Simulasi Monte Carlo, Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi, Vol.01, No.02, Tahun 2020 Hal. 01-11.

. Putra, Teri Ade., dan Hadi, Aulia Fitrul., 2018, Perancangan Aplikasi Keuntungan Produk Rokok Dengan Menggunakan Metode Monte Carlo Di Toko Nabila, UNAND, Jurnal Matematika VII; 1.

. R. Y. Rubinstein, 1981, Simulation and the Monte Carlo Method. New York, NY, USA: John Wiley & Sons, Inc.

. Suteja, Eja., dan Ismail, Asrul Harun, 2017, Pengendalian Produk Prioritas Dengan Metoda Simulasi Monte Carlo Pada Area Finish Goods Di PT. SRI, Jurnal Sistem Industri Universitas Pancasila Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ivo Andika Hasugian, Khabiril Muhyi, Nia Firlidany

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License