ANALISA ESTIMASI BIAYA PADA PELAKSANAAN PROYEK PEMBANGUNAN BENDUNGAN LAU SIMEME PAKET II DENGAN MENGGUNAKAN ALAT-ALAT BERAT DI KAB. DELI SERDANG SUMATERA UTARA

Tasya Prisdawani, Marwan Lubis, Darlina Tanjung

Abstract


Dalam mengevaluasi pekerjaan alat berat pada proyek pembangunan Jalan Relokasi Pada Proyek Bendungan Lau Simeme Paket II dibutuhkan ketepatan untuk memilih alat – alat berat yang mempengaruhi produktivitas suatu perkerjaan. Berdasarkan data yang telah dihitung diketahui kapasitas Excavator pada galian adalah 520 m³/hari, jumlah volume pekerjaan pada galian tanah adalah sebesar 323,2 m³, waktu yang diperlukan untuk pekerjaan galian tanah adalah 1 hari, biaya yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pekerjaan galian tanah adalah Rp.9.180.000,-. Dan kapasitas Bulldozer pada pemadatan tanah adalah sebesar 1253,60 m³/hari, jumlah volume pekerjaan pada galian tanah adalah sebesar 481,56 m³, waktu yang diperlukan untuk pekerjaan pemadatan tanah adalah setengah hari, biaya yang dibutuhkan pelaksanaan pekerjaan galian tanah adalah Rp.9.580.000,-. Berdasarkan data yang telah dihitung diketahui kapasitas Excavator pada galian adalah 520 m³/hari, jumlah volume pekerjaan pada galian tanah adalah sebesar 3716,8 m³, waktu yang diperlukan untuk pekerjaan galian tanah adalah 7 hari, biaya yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pekerjaan galian tanah adalah Rp.40.260.000,-. Dan kapasitas Bulldozer pada pemadatan tanah adalah 1253,60 m³/hari, jumlah volume pekerjaan pada galian tanah adalah sebesar 5538,03 m³, waktu yang diperlukan untuk pekerjaan pemadatan tanah adalah 4 hari, biaya yang dibutuhkan pelaksanaan pekerjaan galian tanah adalah Rp.26.320.000,-. Dari data di lapangan dengan data hasil perhitungan didapatkan perbedaan produktivitas dikarenakan kondisi alat berat yang kurang baik.


Keywords


Produktivitas; Evaluasi; Excavator; Bulldozer; Biaya

Full Text:

PDF

References


Hadi, R. 1993. Kapasitas Alat – Alat Berat, Penerbit Pekerjaan Umum.

Joetata Hadihardaja. 1998. Pemindahan Tanah Mekanis. Penerbit Institut Teknologi Nasional, Malang.

Rochmanhadi. 1985. Perhitungan Biaya Pelaksanaan Pekerjaan dengan Menggunakan Alat – Alat Berat. Penerbit Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Rochmanhadi. 1992. Alat – Alat Berat dan Penggunaannya. Penerbit Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Yohana Aqila. 2017. “Evaluasi Kinerja Alat Berat Pada Pekerjaan Proyek Pembangkit Lisstrik Tenaga Uap (PLTU) Pangkalan Susu 3&4”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tasya Prisdawani, Marwan Lubis, Darlina Tanjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License