ANALISA KINERJA RUAS JALAN WILLIEM ISKANDAR DENGAN ADANYA BANGUNAN McDONALD KABUPATEN DELI SERDANG

M. Chiesa I. Rangkuti, Hamidun Batubara, Marwan Lubis, Anisah Lukman

Abstract


Dengan meningkatnya jumlah kendaraan di Kota Medan sehingga pergerakan lalu lintas semakin meningkat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari yang menyebabkan tingginya arus lalu lintas dan berkurangnya kapasitas ruas jalan serta menurunnya tingkat pelayanan pada ruas jalan yang kemudian dapat menimbulkan kemacetan di ruas jalan tersebut. Untuk mengetahui dan mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi tingkat pelayanan ruas jalan, apakah layak dipertahankan pada karakteristik geometrik dan perilaku lalu lintas ruas jalan yang ada sekarang ini, diperlukan sebuah analisis tingkat pelayanan dan untuk itu harus dicari penyebab permasalahan yang ada sehingga dapat diketahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab berkurangnya tingkat pelayanan pada ruas jalan saat ini. Untuk menentukan tingkat pelayanan ruas jalan metode yang digunakan adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Februari 1997. Dengan melakukan perhitungan cara manual yaitu dengan menghitung jumlah lalu lintas kendaraan pada ruas jalan pada periode waktu.  Data yang telah didapat digunakan adalah data jam puncak, yang telah dikalikan dengan satuan mobil penumpang (smp) untuk menentukan kapasitas jalan dan didukung data-data geometrik jalan yang disurvei. Data hasil perhitungan yang didapat maka tingkat pelayanan kinerja ruas jalan berdasarkan kecepatan perjalanan rata-rata dan nilai volume dan kapasitas pada ruas Jalan Williem Iskandar adalah tingkat pelayanan E yaitu yaitu Volume lalu lintas sudah mendekati kapasitas ruas jalan, kecepatan lebih rendah dari 29,89 km/jam dan pergerakan lalu lintas kadang terhambat.


Keywords


Kapasitas; Kinerja Ruas Jalan dan Tingkat Pelayanan

Full Text:

PDF

References


. Anonimus. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Direktorat Jendral Bina Marga Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan.

. A. Abbas Salim. 2000. Manajemen transportasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

. Clarkson H. Oglesby dan R. Gary Hicks, 1999, Jalan Raya. Erlangga

. Badan Standarisasi Nasional. 2013. Beban Minimum Untuk Perancangan Bangunan Gedung dan Struktur Lain, SNI 1727-2013, Jakarta.

. Eka Morlock, 1990, Perencanaan Transportasi. Erlangga.

. OglesBy. Clarkson H, R. Gary Hicks, 1996. Teknik Jalan Raya, Jilid 2 Jakarta.

. Sukirman Silvia 1994, Dasar – Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Penerbit Nova,Bandung

. Sukirman Silvia 1999, Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur, Nova, Bandung.

. Tamin O.Z. 1997. Perencanaan & Pemodelan Transportasi Edisi Kedua. Bandung: ITB

. Zulfianilsih. 2016 Analisis Kinerja Ruas Jalan Berdasarkan Derajat Kejenuhan Jalan. April.Vol.2.No1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 M. Chiesa I. Rangkuti, Hamidun Batubara, Marwan Lubis, Anisah Lukman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License