PERANCANGAN AVR DIGITAL SEBAGAI PENSTABIL TEGANGAN DAN SISTEM PROTEKSI MENGGUNAKAN TRAFO TOROID BERBASIS ATMEGA 8

Muhammad Paisal Harahap, Indra Roza

Abstract


Salah satu permasalahan yang dihadapi pengguna listrik PLN adalah ketidak stabilan listrik sehingga dapat menimbulkan kerusakan alat listrik dan fungsi yang tidak maksimal. Solusi mengatasi masalah tersebut adalah memasang sebuah penstabil tegangan yang dapat mengatur tegangan agar tetap stabil. Banyak kelemahan penstabil tegangan (AVR) analog yang ada saat ini, misalnya tegangan yang kurang akurat dan fluktuatif saat terjadi perubahan tegangan serta umur peralatan yang pendek karena alat digunakan terus menerus . Solusi yang dipilih untuk mengatasi masalah tersebut adalah membangun sebuah AVR digital, AVR digital adalah sistem pengatur tegangan yang berbasis rangkaian digital yaitu menggunakan mikrokontroler sebagai pemroses data tegangan. AVR bekerja berdasarkan slide tranformator yaitu transformator yang dapat mengatur jumlah lilitan induksi sehingga tegangan dapat naik atau turun. AVR yang dirancang dapat mengatur tegangan masuk dari 170V hingga 250V menjadi 220V konstan. Sensor tegangan memberikan informasi tegangan pada mikrokontroler untuk dibandingkan , jika tegangan dibawah 220V mikrokontroler akan menggeser slide sehingga naik hingga 220V sedangkan jika tegangan diatas 220V mikrokontroler kembali menggeser slide untuk turun ke 220V. Pengaturan dilakukan secara halus dengan gerak motor yang teratur sehingga tidak terjadi fluktuatif tegangan pada beban. Setelah tegangan mencapai 220V dan stabil ,motor akan di istirahatkan untuk menjaga keawetan motor.AVR ATmega8 adalah mikrokontroler CMOS 8-bit berarsitektur AVR RISC yang memiliki 8K byte in-System Programmable Flash. Mikrokontroler dengan konsumsi daya rendah ini mampu mengeksekusi instruksi dengan kecepatan maksimum 16MIPS pada frekuensi 16MHz.


Keywords


Automatic Voltage Regulator; Atmega 8; Slide Transformer; Sensor Tegangan

Full Text:

PDF

References


Bagus Hari Sasongko 2012, Pemrograman Mikrokontroler dengan bahasa C. Penerbit ANDI ,Jogyakarta .

Dayat Kurniawan 2010, Aplikasi elektronika dengan bahasa C, Elex media Komputindo, Jakarta.

Dayat Kurniawan 2010, Aplikasi Elektronika dengan visual C# 2008, penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta.

FP Dahlan, Indra Roza, 2021, Perancangan AVR Digital Sebagai Penstabil Tegangan Dan Sistem Proteksi Menggunakan Trafo Toroid Berbasis Atmega 8, ,JITEKH (Jurnal Ilmiah Teknologi Harapan), Medan.

Jazi Eko Istiyanto, 2013, Pengantar Elektronika & Instrumentasi, Penerbit Andi, Jogyakarta.

Lingga Wardhana, 2007, Mikrokontroler AVR seri Atmega 8535, Penerbit Andi, Jogyakarta.

Syahban Rangkuti 2011 ,Mikrokontroler ATMEL AVR (ISIS Proteus dan Code Vision AVR) + CD, Penerbit : Informatika, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Paisal Harahap, Indra Roza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License