PENERAPAN PLC HMI (HUMAN MACHINE INTERFACE) UNTUK MONITORING OBJEK PADA SISTEM PENGISIAN MINUMAN KE DALAM BOTOL

Imnadir Imnadir, Ivan Darmanto Zai

Abstract


Bahan pengajaran kepada mahasiswa harus dikembangkan  sesuai dengan teknologi yang diterapkan di industri. Sistem kendali proses otomasi di industri memerlukan teknologi akusisi data dan sistem monitoring sehingga proses industri dapat di monitor dari ruang kendali. Satu diantaranya adalah proses pengisian minuman kedalam botol  pada  industri pengolahan minuman. Oleh karena itu pada penelitian ini dilakukan pengembangan teknologi PLC (Programmable Logic Controller) dan HMI (Human Machine Interface) untuk monitoring objek pada pengisian minuman boto l. Pengembangan teknologi HMI ini dapat melengkapi teknologi sistem pengisian minuman kedalam botol berbasis PLC sehingga lebih fleksibel dan efisien, dengan memberikan visualisasi bahkan pengendalian pada proses di indutri. Pada penelitian ini telah dilakukan Pemrograman PLC HMI (Human Machine Interface) menggunakan software cx designer untuk  merancang HMI pengisian minuman kedalam botol seperti kondisi yang ada pada  Proses di Industri. Hasil HMI menampilkan proses pengisian minuman ke dalam botol dengan waktu yang bervariasi yaitu 2 detik, 3,5 detik serta 5,5 detik


Keywords


PLC; HMI; Pengisan Botol; Proses

Full Text:

PDF

References


. Angga Septian MN, 2018, Penerapan Trainer Human Machine Interface (HMI) Berbasis CX-Designer Sebagai Media Pembelajaran Programmable Logic Controller (PLC), Jurnal Informatika Universitas Pamulang ISSN: 2541-1004 Vol. 3, No. 4.

. Johannsen, 2015, Perancangan Sistem Konveyor Dilengkapi Dengan Deteksi Objek Menggunakan CMU Cam Berbasis PLC Dan HMI. Annual Reviews In Control 21(1):159–70.

. Fiset, J. Y., 2009, Human-Machine Interface Design for Process Control Applications. USA: ISAInstrumentation, System, and Automation Society.

. OMRON. 2009, SYSMAC CP1L/CP1E CPU Unit : Introduction Manual Tokyo, JAPAN: OMRON Corporation


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Imnadir Imnadir, Ivan Darmanto Zai

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License