ANALISA PENENTUAN PRIORITAS BAHAN BAKU UNTUK BAHAN BAKAR BOILER DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DI PT. TRI BAHTERA SRIKANDI

Endry Kurnia Nata, Tri Hernawati, Mahrani Arfah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Penentuan Prioritas Bahan Baku untuk Bahan Bakar Boiler dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process di PT. Tri Bahtera Srikandi. Pengujian dilakukan dari ketiga limbah padat yang dihasilkan seperti serabut buah, serabut tandan kosong dan cangkang dengan memperhatikan 5 kriteria pengujian diantaranya energi, profitabilitas, ketersediaan bahan baku, penambahan alat, SDM/tenaga ahli. Cara untuk menentukan prioritas bahan baku untuk bahan bakar boiler dilakukan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Sehingga diperoleh hasil urutan prioritas alternatif bahan baku dengan pertimbangan kriteria yang digunakan, serabut tandan kosong dengan bobot 0.498, cangkang dengan bobot 0.322, serabut buah dengan bobot 0.181. Nilai yang diperoleh menunjukkan bahwa alternatif yang terbaik dalam penentuan prioritas bahan baku untuk bahan bakar boiler adalah serabut tandan kosong.


Keywords


Serabut; Tandan Kosong; Cangkang; Analytical Hierarchy Process

Full Text:

PDF

References


. Almu, M, Afif., Syahrul. Padang., dan Yesung, allo, 2014, Analisis Nilai kalor dan Laju Pembakaran Pada Briket Campuran Biji Nyamplung dan Abu Sekam Padi. NTB: Fakultas Teknik Mesin Universitas Mataram.

. Rahmatullah, dkk., 2018, Penerapan Metode Analitical Hierarchy Prosess dalam Memilih Bahan Bakar Minyak untuk Kendaraan Roda 2. STMIK Nusa Mandiri.

. Saaty L. Thomas, 1993. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin. Jakarta Pusat: PT Pustaka Binaman Pressindo.

. Sanjaya, Ika, 2020, Karakteristik Bahan Bakar Padat Produksi Torefaksi Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Menggunakan Reaktor Torefaksi Kontinu Tipe Tubular. tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Fakultas Teknik Mesin Universitas Lampung.

. Sayuti Hasibuan. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia: Pendekatan Non Sekuler. Surakarta: Muhammadiyah University Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Endry Kurnia Nata, Tri Hernawati, Mahrani Arfah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License