ANALISIS STABILITAS ABUTMENT PADA PERGANTIAN JEMBATAN IDANETAE LOLOSENI DI RUAS JALAN HILIMBOWO KABUPATEN NIAS SELATAN

Leonardo Anugerah Halawa, Kartika Indah Sari, Darlina Tanjung

Abstract


Jembatan Idanetae adalah jembatan pedestrian sepanjang 30 m yang didesain untuk pejalan kaki, kendaraan roda dua dan roda empat sebagai penghubung jalan yang dipisahkan oleh sungai. Bangunan bawah jembatan terdiri dari abutmen dan pondasi. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui stabilisasi abutment Jembatan Leleseni dalam menahan beban-beban yang bekerja dan untuk mengetahui faktor keamanan abutment tersebut terhadap guling dan geser.Analisis abutment dikhususkan pada stabilitas abutment terhadap guling dan geser. Faktor aman terhadap guling ditentukan berdasarkan perbandingan momenaktif dengan momen pasif, sedangkan factor aman terhadap geser ditentukan dari perbandingan gaya aktif dengan gaya pasif. Selain data-data lapangan, analisis ini memerlukan uji parameter tanah di laboratorium. Parameter yang diuji adalah kuat geser dan density tanah di lapangan. Berdasarkan hasil analisis stabilitas yang telah dilakukan pada abutmen ini didapatkan bahwa nilai factor aman terhadap geser 11,966 dan factor aman terhadap guling 3,127, dengan demikian  abutmen dinyatakan stabil terhadap geser, guling, dan aman terhadap beban-beban yang bekerja.


Keywords


Jembatan; Abutment; Pondasi; Faktor Aman

Full Text:

PDF

References


. Astuti, S, W., 2019. Kestabilan Dinding Penahan Tanah Jenis Corrugated Concrete Sheet Pile (Ccsp) Pada Pekerjaan Galian Abutmen Jembatan Bh 1751 Di Kecamatan Lok Ulo, Kebumen. Jurnal Perkeretaapian Indonesia Volume III Nomor 1 .

. Badan Standar Nasional, 2016. Pembebanan Untuk Jembatan.RSNI 1725-2016. Jakarta BSN

. Faizal, Z., 2014. Analisis Struktur Pondasi Dan Abutment Jembatan Pada Proyek Jalan Tol Cimanggis-Cibitung. Departemen Teknik Sipil Dan Lingkungan Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Bogor 2014.

. Fitri, A, A., 2017. Perencanaan Ulang Struktur Bawah Abutment Dengan Pondasi Bored Pile (Redesign Bottom Structure Abutment WithBored Pile Foundation). Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan, Universitas Islam Indonesia.

. Hardiyatmo C.H., 2014. Mekanika Tanah II, Gajah Mada. Universitypress Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Leonardo Anugerah Halawa, Kartika Indah Sari, Darlina Tanjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License