PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. SUMBER SAWIT MAKMUR

Suliawati Suliawati, Luthfi Parinduri, Hermi Diana Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Total Quality Management terhadap kinerja karyawan di PT. Sumber Sawit Makmur melalui tiga faktor TQM yaitu kerjasama tim, pendidikan dan pelatihan, serta pelibatan dan pemberdayaan karyawan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS 20. Metode pengumpulan sampel menggunakan purpose sampling. Sampel yang diambil sebanyak 85 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Secara simultan Total Quality Management berpengaruh terhadap kinerja karyawan di PT. Sumber Sawit Makmur. Namun, jika dilihat secara parsial hanya variabel kerjasama tim dan pendidikan dan pelatihan yang berpengaruh signifikan dengan nilai probabilitas masing-masing sebesar 0,001 dan 0,000 sedangkan variabel pelibatan dan pemberdayaan karyawan tidak berpengaruh signifikan dengan nilai probabilitas 0,202. 2) Hasil regresi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 80,5%  hal ini menandakan bahwa besar persentase variabel ketiga faktor dari sebelas faktor Total Quality Management dapat menjelaskan kinerja karyawan sedangkan 19,5% dijelaskan oleh variabel lain.

Keywords


Total Quality Management; Kinerja Karyawan; SPSS 20

Full Text:

PDF

References


. Akbar, S., 2018, Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Anggota 0rganisasi. Jiaganis, 3(2), 2–6.

. Alhudri, Said, dan Meyzi Heriyanto. 2015. Pengaruh Penerapan Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PLN (Persero) Ranting Bangkinang . Universitas Riau. Pekanbaru.

. Anugrah, K. G. 2018. Pengaruh Implementasi Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus di Bank BRI Cabang Ngawi). World Development, 1(1), 1–15..

. Bangun, W. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga.

. Fitriyah, H., & Ningsih, L. C. 2013. karakteristik total quality management (tqm) dalam mempengaruhi.pdf (p. 16). Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

. Hertanto, E. 2017. Perbedaan Skala Likert Lima Skala dengan Modifikasi Skala. In Teknik Komputer Amik Bsi (Vol. 12, Issue Perbedaan Skala Likert Lima Skala dengan Modifikasi Skala., p. 98).

. Jufina, S. 2016. Metode - Metode Pengukuran Kinerja. http://ccg.co.id/blog/2016/05/17/metode-metode-pengukuran-kinerja/

. Kristiyanti, M. 2012. Peran Indikator Kinerja Dalam Mengukur Kinerja Manajemen. Majalah Ilmiah Informatika, 3(3), 103–123.

. Mathis, R. L., & Jackson, J. H. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat.

. Nasution, M. N. 2015. Manajemen Mutu Terpadu (Edisi 3). Ghalia Indonesia. Notoadmodjo, S. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. PT. Rineka Cipta.

. Prabowo, A. S. 2010. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta september 2010 1. September, 2–4.

. Tjiptono, F., & Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management (Edisi 5). CV. Andi Offset.

. Ulfa, M., & Ridwan, M. 2015. Resources Scorecard Di Bmt Logam Mulia. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2), 311–339.

. Umiyati, H., Anwar, K., Ustadztama, M. G., & Indonesia, U. R. 2020. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Pemeriksa Pada Direktorat Jendral Pajak.

. Widoyoko, E. P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.

. Yunanto, O. O. A. 2016. Pengaruh Total Quality Manajemen Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT Pos Indonesia).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suliawati Suliawati, Luthfi Parinduri, Hermi Diana Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License