SISTEM PAKAR DALAM MENDETEKSI KERUSAKAN SISTEM MESIN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K- NEAREST NEIGHBOR (KNN)

Adey Bagus Willa Tikta, Darjat Saripurna, Tasliyah Haramaini

Abstract


Abstrack - Pengguna Honda Beat yang menggunakan sistem Karbu saat ini masih banyak, tentu banyak sekali kendala yang terjadi, yang jarang diketahui olehpengguna awam. Kerusakan yang sering terjadi pada sistem Mesin Honda Beat adalah sebagai berikut (1) Kerusakan Sistem Bahan Bakar, (2) Kerusakan Sistem Pengapian, dan (3) Kerusakan kompresi Mesin. Dari permasalahan tersebut tentunya dibutuhkan suatu sistem yang dapat dengan mudah digunakan oleh pengguna sepeda motor Honda Beat yang tidak begitu mengerti tentang sistem Mesin. Sistem yang mampu untuk mendeteksi kerusakan Mesin Honda Beat tersebut adalah sistem pakar. Sebuah sistem yang mampu mengidentifikasi sebuah permasalahan dengan menggunakan keahlian seorang pakar yang telah ditanamkan kedalam sebuah sistem dengan menggunakan algoritma tertentu merupakan sistem pakar. Dalam jurnal Edik Informatikan dikatakan bahwa “Sistem pakar adalah sebuah sistem yang dibangun dengan berbasis komputer yang menggunakan beberapa pengetahuan, fakta dan teknik penalaran dalam memecahkan suatu permasalahan yang biasanya hanya dapat dipecahkan oleh seorang pakar dalam bidang tersebut. Implementasi sistem pakar ini sangat banyak digunakan untuk kepentingan komersial karena sistem pakar dapat dipandang sebagai cara penyimpanan pengetahuan pakar dalam bidang tertentu kedalam program komputer dan dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memberikan keputusan dan melakukan penalaran secara cerdas. Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pakar dengan Algoritma K-Nearest Neighbor (KNN) yang dapat membantu pemilik Honda Beat dalam mengetahui kerusakan mesinnya.


Keywords


Honda Beat; Sistem Pakar; Algoritma K-Nearest Neighbor (KNN)

Full Text:

PDF

References


. Assauri, S. 2015. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.

. Ayuni, Q., Cangara, H., & Arianto. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Digital terhadap Peningkatan Penjualan Produk Kuliner Kemasan. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 23(2), 129–141.

. Beu, N. S., Moniharapon, S., & Samadi, R. L. 2021. Analisis Strategi Bauran Pemasaran terhadap Penjualan Ikan Kering Pada UMKM Toko 48 Pasar Bersehati Manado. Jurnal EMBA, 9(3), 1530–1538.

. Damanik, D., & Wibowo, S. F. X. 2018. Implementasi Strategi 4P dalam Meningkatkan Frekuensi Public Event di Harris Hotel and Conventions Bekasi (HHCB). National Conference of Creative Industry: Sustainable Tourism Industry for Economic Development, 5-6 September, 210–229.

. Dasion, P. R. K., Arvianti, E. Y., & Sa’diyah, A. A. 2014. Analisis Pemasaran Rumput Laut (Euchema SP) di Desa Wuakerong Kecamatan Nagawutung Kabupaten Lembata. Buana Sains, 14(1), 1–10.

. Karim, D., Sepang, J. L., & Lumanauw, B. 2014. Marketing Mix Pengaruhnya terhadap Volume Penjualan Pada PT. Manado Sejati Perkasa Group. Jurnal EMBA, 2(1), 421–430.

. Khaddapi, M., Damayanti, & Kaharuddin. 2022. Strategi Digital Bauran Pemasaran 4P Terhadap Kinerja UMKM Kota Palopo. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 05(2), 157–168.

. Kotler, P., & Armstrong, G. 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

. Kurdi, S., Fauzi, M., & Kholil, M. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah di Kabupaten Kendal. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(2), 26–40.

. Kusuma, H. 2017, Analisis Pemasaran Jamur Merang Lembaga Mandiri Mengakar Masyarakat (LM3) Agrina di Tanjong Paya Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Jurnal S. Pertanian, 1(2), 106–115.

. Nurcahyo, F., & Wahyuati, A. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Volume Penjualan Pada Restoran MC Donald’s Delta Plaza Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(4), 1–17.

. Rasyid, N., & Rawi, R. D. P. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Penjualan Pada PT. Nestle Indofood Citarasa Indonesia di Makassar. Sentralisasi, 7(2), 11–27.

. Sangadji, E. M., & Sopiah. 2015. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi.

. Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

. Sunyoto, D. 2020. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Yogyakart: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

. Swastha, B. 2017. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE.

. Tambajong, G. 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 1291–1301.

. Trulline, P. 2021. Pemasaran Produk UMKM Melalui Media Sosial dan E-Commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259–279.




DOI: https://doi.org/10.30743/but.v19i2.9856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Adey Bagus Willa Tikta, Darjat Saripurna, Tasliyah Haramaini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License