Perancangan Dan Pembuatan Model Baru Mesin Pencuci Pakaian Fortable Berbasis Mikrokontroller Atmega-8

Selly Annisa, S. Aryza, Zulkarnain Lubis

Abstract


Padatnya aktivitas manusia saat ini membuat mereka membutuhkan alat yang dapat membantu meringankan pekerjaan sehari-hari. Seiring berkembangnya teknologi, manusia membutuhkan suatu alat yang canggih dan berdaya guna alat tersebut juga dapat menghemat tenaga dan menghemat waktu sehingga pengguna dapat melakukan aktivitas lain. Oleh karena itu dirancanglah alat mesin cuci pakaian portabel menggunakan motor DC 12 volt dan turbidity sensor, yang diharapkan dapat membantu mengurangi pekerjaan mencuci. Perancang berupaya menjawab kebutuhan manusia tersebut melalui alat pencuci pakaian portabel. Mekanisme kerja alat ini dilakukan secara otomatis dan mudah dibawa kemana-mana seperti halnya mahasiwa yang sedang kost disuatu tempat kemudian digunakanlah mikro Kontroler sebagai pengontrol untuk mengalirkan air bersih, air sabun dan menggunakan motor secara otomatis menggerakan pakain dan air dalam mesin cuci portebel. Mesin pencuci pakain portabel dari hasil perancangan ini menunjukan bahwa subsistem telah bekerja dengan baik, menghasilkan inovasi dibidang elektro yang efesien dan praktis penggunaannya.

 


Full Text:

PDF

References


Christian Kranz, 2003. Complete digital Control Mehod For PWM DC –DC boost converter, Power Electronics Specialist Conference, PESC ’03,pp: 951 –956 vol.2.

McGraw Hill Nov 8, 2011, Programming Arduino Getting started with sketches.

Muhammad Ali Mazidi, Janice Gillispie Mazidi, The 8051 Microcontroller and Embedded Systems Using Assembly and C, 2nd Edition.

Rahardjo, Pratolo, 2 Juli –Desember 2004, Aplikasi Mikrokontroller 80C31 Sebagai Alat Pengendali Motor DC Magnet Permanen Dengan Metode PID Dan Metode PWM, November 2009.

Vaibhav Bhatia and Pawan Whig, A Secured Dual Tone Multi-frequency Based Smart Elevator Control System," International Journal of Research in Engineering and Advanced Technology, Volume 1, Issue 4, Aug-Sept, 2013

Johannes Chrysostomus prabowo, 2012. Modifikasi perangkat kelistrikan messin cuci primus 20 kg dengan menggunakan PLC dan HMI

Maha Perdana Tarigan, 2013.Rancangan simulasi mesin cuci umum menggunakan coin.

Rikardo Nainggolan, 2014, Rancangan bangunan kondersor untuk mesin pengering pakaian sistem pompa kalor dengan daya IPK.

Renaldy Tamamenka, 2001. Perancangan Module Mesin Cuci Menggunakan Mikrokontroller.

Yonathan Habi Putra Arianto,2012. Mesin Cuci Otomatis.

Zuhal, 1994, Dasar Teknik Tenaga Listrik dan Elektronika Daya. Jakarta: Gramedia,

Sumanto,1994, Mesin Arus Searah. Jogjakarta: Penerbit Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License