Rancang Bangun Alat Pengendali Dan Pengamat Jarak Jauh Kondisi Motor Dengan Internet Of Thing Berbasis Arduino

Akhiruddin Akhiruddin

Abstract


Industri saat ini sudah menyentuh revolusi 4.0 dimana internet menjadi pengaruh yang besar dalam proses automasi dan data akuisisi industri. Sistem monitoring dan pengambilan data yang biasanya dilakukan secara langsung menyentuh fisik alat kini diganti dengan kehadiran Internet of Things. Internet of Things menawarkan sistem kontrol secara remote dan pengambilan data yang dikirim melalui jaringan. Motor induksi merupakan alat yang cukup penting dalam proses automasi, sehingga perawatan motor menjadi sesuatu hal yang sangat penting. Penulis merancang sebuah sistem yang memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) tersebut untuk mengambil data kondisi motor induksi secara remote yang terintegrasi dengan internet dan database. Dengan sistem ini pengamatan dapat dilakukan secara real-time hanya dengan menggunakan browser dan koneksi internet. Perancangan ini membutuhkan beberapa sensor untuk mendapatkan data seperti: data tegangan menggunakan sensor ZMPT101B, data arus menggunakan sensor ACS712, data kecepatan putaran motor menggunakan sensor Infra Merah, data temperature menggunakan sensor DHT11, dan data getaran menggunakan sensor SW-420. Semua data yang diperolah akan dikirimkan dengan LoRa RFM95 menuju server pusat yang terintegrasi dengan NodeMCU V3.


Keywords


Node MCU; Database; IOT; Sensor; LoRa; Motor Induksi

Full Text:

PDF

References


. Andrianto,Heri, 2016, Ardiono Belajar Cepat Pemrograman, Bandung. Penerbit : Informatika Bandung.

. Biswas, Shatadru Bipasha, dan M. Tariq Iqbal. 2018. Solar Water Pumping System Control Using a Low Cost ESP32 Microcontroller.” 2018 IEEE Canadian Conference on Electrical & Computer Engineering (CCECE).

. Oktanugraha, Dimas. 2018. Perancangan Antarmuka I2C Pada Sensor CO2 MHZ-19. Skripsi Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

. Basri Hasan, Mohammad, 2008, Rancang Bangun Diagram Satu Garis Rencana Sistem Distribusi Tenaga Listrik Di Gedung Bertingkat, Teknik Elektro, UI, Depok.

. Mausa, Danny, 2015, Rancang Bangun Jaringan Sensor Nirkabel Berbasis Zigbee Untuk Pemantauan Suhu Dan Kelembaban, T. Elektro, Universitas Lampung, Lampung.

. Sundari Dwi, Firda, 2018, Rancang Bangun Alat Monitoring Energi Listrik Pada Panel Listrik Dengan Android Berbasis Mikrokontroler Arduino, Teknik Listrik, Politeknik Negeri Bandung, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License