Implementasi Pemantauan Kualitas Udara dengan Menggunakan MQ-7 dan MQ-131 Berbasis Internet of Things

Dwi Prasetyo, Ibrahim Ibrahim, Wilma Nurrul Adzilla, Yuliarman Saragih

Abstract


Pencemaran udara adalah suatu keadaan dimana kualitas udara menjadi rusak dan tercemar oleh zat-zat yang tidak berbahaya dan berbahaya bagi kesehatan manusia. Beberapa gas berbahaya di udara seperti: CO, CO2, O3 dan lain-lain. Gas Karbon Monoksida (CO) tidak berbau dan tidak dapat dilihat oleh mata, oleh karena itu manusia dan makhluk hidup lainnya tidak dapat mengetahui keberadaan gas-gas tersebut. Manusia bisa tahu kapan mereka merasakan dampaknya. Dalam hal ini telah dibuat alat ukur kualitas udara yang dapat dibawa kemana-mana dengan mudah dan digunakan pengukuran real time untuk mengukur kualitas udara berdasarkan Air Pollution Standard Index (ISPU). Penelitian ini terbukti bermanfaat dengan menggunakan Sensor MQ-7 untuk mengukur gas karbon monoksida (CO) dan MQ-131 untuk mengukur gas Ozon (O3). Hasil pengukuran alat perancangan mampu menghasilkan persentase kesalahan Karbon Monoksida (CO) yaitu 1,25 dan Ozon (O3) 0,2.


Keywords


Karbon Monoksida (CO); Ozone (O3); Arduino Mega, Blynk, Internet Of Things; MQ-7 Sensor

Full Text:

PDF

References


Blynk. MIT Lincense, 2017, [Online] Available

Yuliarman Saragih., Gilang Ramadhany Hakim., Hasna Aliya Roostiani., 2019, Monitoring Design of Methods and Contents Methods in Semi Real Water Tandon by Using Arduio – based on Internet of Things, “4th International Conference and Workshops on Recent Advances and Innovations in Engineering.

A.S Suparman dan S.Yazid, 2014, Purwarupa Sistem Pemantauan Kualitas Udara Secara Daring”., Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Widyatama, Open Journal System, Vol 1 No. 3. [Online].

Adhi, E., 2011, Design of Exhaust Emission Measurement, Case Study: Measurement of Gas Carbon Monoxide (CO), Undergraduate theses, Istitut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan No. 107 Tahun 1997 Tanggal 21 November 1997 Tentang: Perhitungan Dan Pelaporan Serta Informasi Indeks Standar Pencemaran Udara, Jakarta

World Health Organization., 2010, “WHO Guidelines For Indor Air Quality: Selected Pollutant”, Copenagen

Denmark. [Online]. Available

Datasheet, Data MQ-7 gas sensor - Hanwai, [Online].Available

Agatha Elisabet S., 2020, Yuliarman Saragih., Ibrahim Lammada., Anta Wijaya., Olivia Monica Aprilia., “Redesign of Application with Notification of 4G Drive Test Results Cellular Network Case Study Area Converage of Universitas Singaperbangsa Karawang,” 3rd International Conference on Mechanical, Electronics, Computer, and Industrial Technology (MECnIT).

Q.F Hassan., Internet of Things: Converging Technologies for Smart Environments and Integrated Ecosystems, River Publisher.

J.Waworundeng, 2017, Implementasi Sensor dan Mikrokontroler sebagai Detektor Kualitas Udara, Proccendings Seminar Multi Disiplin Ilmu Volume 1, 25 November pp 27.[Online]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License