Pengukuran Grounding Pada Gedung Rumah Sakit Grand MitraMedika Medan

Yusmartato Yusmartato, Ramayulis Nasution, Zulfadli Pelawi, Syaru R.

Abstract


Pembumian sistem merupakan usaha untuk menghubungkan bagian konduktif  terbuka perlengkapan dengan tanah. Adanya perbedaan jenis tanah, kelembaban, temperature dan kadar garam sangat mempengaruhi tahanan jenis tanah itu sendiri. Sistem pembumian pada peralatan kelistrikan dan elektronika adalah untuk memberikan perlindungan pada seluruh sistem. Sehingga sangat perlu dilakukan penelitian yang dapat melihat sejauh mana pengaruh parameter tersebut pada sistem Pembumian. Pembumian selain bemanfaat bagi kehidupan pentanahan bisa mendatangkan bahaya jika tidak diperhatikan dengan baik. Tingkat kebakaran yang tinggi disebabkan oleh listrik akibat peningkatan suhu yang tinggi. Suhu yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada kabel atau bahkan percikan api pada material yang dapat menimbulkan kebakaran. Pengukuran tahanan pentanahan ini menggunakan  Digital Earth Tester Resistance Tester dengan merk KYORITSU. Peralatan pengukuran pentahanan tanah terdiri dari Digital Earth Earth Resistance Tester, elektroda utama, elektroda bantu, mesin bor, dan kabel penghubung.

 


Keywords


Energi; Ponsel; Kontrol; Short Message Service

Full Text:

PDF

References


. BSN (Badan Standardisasi Nasional), Persyaatan Umum Instalasi Listrik 2000 (PUIL 2000), vol. 2000, no. PUIL. .Jakarta: BSN (Badan Standardiasi Nasional), 2000.

. E. Indonesia, ElektrodaBatang Mareduksi Nilai Tahanan Pentanahan. 1998.

. T.S. Hutauruk, 1999, Pengetanahan Netral Sistem Tenaga dan pengetanahan peralatan. Jakarta: Erlangga, Jakarta

. Nur Pamudji, 2014. Buku Pedoman Serandang dan Pentanahan Gardu Induk. Jakarta

. Suwarti, 2015. Analisi Pengaruh Penanaman Elektroda Pembumian Secara Horizontal Terhadap Nilai Tahanan Pembumian Pada Tanah Liat Dan Tanah Pasir. Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License