Sistem Monitoring Arus Listrik Menggunakan Smartphone Berbasis NodeMCU ESP8266

Akhiruddin Akhiruddin, Yusup Fitrah Anugerah

Abstract


Penggunaan daya listrik di rumah tangga selama ini hanya dapat dilihat melalui alat ukur kWh meter yang didistribusikan oleh PLN. Penggunaan alat tersebut tidak memberikan informasi tentang berapa besar daya listrik yang digunakan. kWh meter hanya menunjukkan jumlah daya kumulatif yang terpakai.  Oleh karena itu, diperlukan alat yang dapat memperlihatkan penggunaan daya listrik secara real-time, sehingga memudahkan pengguna untuk memantau konsumsi energi listrik. Tujuan penelitian adalah memonitoring beban listrik rumah tangga menggunakan arduino NodeMCU ESP8266 secara real-time. Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 4 tahapan, yaitu : 1). Pemilihan peralatan software dan hardware, 2). Perancangan sistem, 3).  Pembuatan program, dan 4). Pengujian alat. Hasil dari pengujian alat menggunakan beban berupa setrika, kipas angin, dispenser, dan charger handphone. Alat bekerja dengan baik mampu membaca besaran arus dan daya yang digunakan pada saat pengkondisian ON terhadap beban, tingkat akurasi alat dalam membaca berkisar 96% sampai dengan 98%.


Keywords


Node MCU ESP8266; LCD I2C; Sensor PZEM-004T

Full Text:

PDF

References


. Handy Wicaksono. 1996 – Catatan Kuliah “Automasi 1”. Teknik Elektro. Sumber

. Kilian, Christopher T, Modern Control Technology, (West Publishing Co: 1996).

. Haris, Abdul., Dkk. 2017. “ Rancang Bangun Alat Penghitung Biaya Energi Listrik Terpakai Berbasis Mikrokontroler PIC16F877 ”. Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro. Vol. 1 No. 1.

. Ikwan, Djaksana, Yan Mitha. 2020. “ Perancangan Sistem Monitoring Dan Kontroling Penggunaan Daya Listrik Berbasis Arduino”. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi. Vol 2, No.3 September 2020.

. Natsir, M., Dkk. 2019. “Implementasi IOT Untuk Sistem Kendali AC Otomatis Pada Ruang Kelas Di Universitas Serang Jaya”. Jurnal PROSISKO Vol. 6 No. 1 Maret 2019.

. Nirwan, Saepudin. Dkk. 2020. Rancang Bangun Aplikasi Untuk Prototipe Sistem Monitoring Konsumsi Energi Listrik Pada Peralatan Elektronik Berbasis PZEM-004T. Jurnal Teknik Informatika, Vol.12, No.2, April.

. Pangestu, Anggher Dea, Dkk. 2019. Sistem Monitoring Beban Listrik Berbasis Arduino NodeMCU ESP8266”. Jurnal Ampere Vol 4, No.1 Juni 2019.

. Wagyana, 2016, Prototipe Smart Power Outlet Untuk Pencegah Kebakaran Akibat Arus Listrik. Prosiding SENTIA 2016, Politeknik Negeri Malang, pp. 89- 90.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License