Rancang Proto Tipe Sistem Monitoring Kondisi Lampu Penerangan Gedung Berbasis IoT

Aktha Mathias Hutabarat, Ramayulis Nasution, Yusmartato Yusmartato

Abstract


IoT (Internet of Things) merupakan suatu konsep yang bertujuan untuk memperluas suatu manfaat dari konektivitas suatu internet yang tersambung secara terus menerus ataupun selalu tersambung. IoT (Internet of Things) biasa dimanfaatkan pada gedung untuk mengendalikan peralatan-peralatan elektronik yang seperti lampu ruangan yang dapat dioperasikan dari jarak jauh maupun jarak dekat melalui jaringan komputer ataupun jaringan internet. Penelitian ini dilakukan dengan membangun sebuah perangkat kendali jarak jauh ataupun jarak dekat yang memanfaatkan TCP/IP untuk melakukan suatu  proses kendali dalam jaringan local melalui suatu web server yang di-embedded-kan kedalam suatu perangkat kendali jarak jauh. Terdapat juga dua fitur kendali yaitu kendali satu lampu yang digunakan untuk menghidupkan satu lampu dan fitur kendali lampu secara keseluruhan untuk menghidupkan seluruh lampu dalam satu waktu secara bersamaan. Uji coba yang dilakukan ini termasuk skenario satu buah lampu yang sudah rusak sebagai asumsi pada saat pemasangan di dalam gedung terdapat lampu yang sudah rusak. Kondisi terakhir dari pin arduino yang akan tampil pada web server akan berbeda dengan kondisi terakhir dari suatu peralatan elektronik yang dikendalikan jika peralatan listrik dalamkondisi yang telah rusak. Hasil uji coba yang dilakukan terhadap semua fitur yang akan menunjukkan hasil yang sesuai dengan harapan.


Keywords


Internet of Things; TCP/IP; Lampu; Arduino; Web Server

Full Text:

PDF

References


Repository.unsri.ac.id/52994/1/RAMA_56201_09011381621070_0216068101_01_front_ref.pdf

PURWA_RUPA_IoT_Internet_of_Things_KENDAL.pdf

Eprints.utdi.ac.id/4940/3/3_143310018_BAB_II.pdf

Etheses.uin-malang.ac.id/21270/1/ 13640053. pdf

Setiawan, Evan Taruna. 2010, Pengendalian Lampu Rumah Berbasis Mikrontroler Arduino Menggunakan Smartphone Android. TI-Atma STMIK Atma Luhur Pangkal pinang: 1–8

J. Lianda, D. Handarly, and A. Adam, Sistem Monitoring Konsumsi Daya Listrik Jarak Jauh Berbasis Internet of Things, JTERA (Jurnal Teknol. Rekayasa), vol. 4, no. 1, p. 79, May 2019.

Andrianto and A. Susanto, Aplikasi Pengontrol Jarak Jauh pada Lampu Rumah Berbasis Android, Universitas Muria Kudus Gondangmanis, Kudus, vol. 2, p. 8, 2015.

V. Masinambow, Pengendali Saklar Listrik Melalui Ponsel Pintar Android, E-Journal Unsrat, vol.3, no.1, pp. 1–9, 2014.

N. Nugraha and S. Supriyadi, Aplikasi Pengontrolan Lampu Menggunakan Arduino Uno Dengan Algoritma Fuzzy Logic Berbasis Android, Jurnal Teknik Informatika, vol. 1, no. 1, pp. 50–64, 2015.

U. J. Shorina, R. Primananda, and R. Maulana, Analisis Kinerja Pengiriman Data Modul Transceiver NRF24l01, Xbee dan Wifi ESP8266 Pada Wireless Sensor Network, Jurnal Pengembangan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 4, pp. 1510–1517, 2018.

I. Warangkiran , “Perancangan Kendali Lampu Berbasis Android,” e-jurnal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 1, pp. 1–8, 2014.

E. T. Setiawan, “Pengendalian Lampu Rumah Berbasis Mikrokontroller Arduino menggunakan Smartphone Android,” Jurnal Teknik Iinformatika STMIK Atma Luhur Pangkal Pinang, pp. 1–8, 2015.

A. Giyartono and E. Kresnha, Aplikasi Android Pengendali Lampu Rumah Berbasis Mikrokontroler Atmega328, Seminar Nasional Sains dan Teknik, November, pp. 1–9, 2015.

Indawan, M. A. R. H, and D. Hermanto, Prototipe Kontrol Lampu Berbasis Android dengan Pengingat Via SMS, Jurnal Teknik. STMIK GI MDP Palembang, pp. 1–11, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License